Home Warta Manfaat Aplikasi PeduliLindungi di Tengah Pandemi Covid-19

Manfaat Aplikasi PeduliLindungi di Tengah Pandemi Covid-19

41
Manfaat Aplikasi PeduliLindungi
Aplikasi PeduliLindungi. (F: Covid-19.go.id)
Himbauan Pemprov Kepri

Ikuti kami di Google Berita

Barakata.id- Apa manfaat Aplikasi PeduliLindungi di tengah pandemi Covid-19 ini? Beberapa waktu terakhir aplikasi ini memang sedang naik daun, khususnya setelah dilaksanakannya program Vaksinasi Covid-19 di Indonesia.

Aplikasi PeduliLindungi merupakan aplikasi untuk membantu pemerintah melakukan pelacakan digital. Sehingga dapat memudahkan untuk penanganan penyebaran Covid-19.


Seperti halnya situs website pedulilindungi.id, aplikasi PeduliLindungi ini lebih sering dikenal sebagai tempat untuk mengunduh sertifikat vaksin Covid-19.

Namun sebenarnya, ada banyak manfaat lainnya yang perlu diketahui oleh masyarakat. Dilansir dari laman resmi Covid19.go.id, ini dia beberapa manfaat yang ada di aplikasi PeduliLindungi.

Baca Juga:

1. Mengunduh sertifikat vaksin

Manfaat ini yang paling banyak diketahui masyarakat. Bagi yang sudah disuntik vaksin Covid-19 bisa mengunduh sertifikat vaksin lewat fitur yang ada di aplikasi ini.

2. Pengawasan (surveillance)

Aplikasi PeduliLindungi juga memiliki fitur pengawasan. Salah satunya memberikan informasi lokasi pengguna pada saat bepergian. Hal ini akan memudahkan pemerintah mengawasi dan mendeteksi pergerakan orang-orang yang terpapar Covid-19 selama 14 hari ke belakang.

Pemerintah jadi lebih mudah mendeteksi masyarakat melalui lacak data lokasi dan informasi secara digital.

3. Menginformasikan hasil tes Covid-19

Aplikasi PeduliLindungi juga memuar fitur yang bisa menujukkan hasil tes polymerase chain reaction (PCR) atau swab antigen dari laboratorium yang terafiliasi dengan pemerintah.

4. Untuk bukti saat mengakses layanan publik

Saat berada di bandara, pusat perbelanjaan atau tempat umum lain yang wajib sudah divaksin, seseorang dapat dengan mudah menunjukkan bukti bahwa dia sudah menjalani program vaksinasi.

Cara menunjukkannya juga mudah, bisa dengan data yang ada maupun dengan fitur pindai QR Code yang menampilkan data vaksinasi.

Baca Juga:

5. Memberikan peringatan pada pengguna

Pengguna aplikasi ini akan mendapat notifikasi saat berada di keramaian atau di kawasan yang masuk dalam zona merah.

Pengguna juga akan mendapat peringatan jika di lokasi mereka terdapat orang yang terinfeksi Covid-19 atau pasien dalam pengawasan.

***

Editor: Asrul R

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin