Home Kepulauan Riau Batam

Lokasi Check Point di Nongsa Akan Dijaga Satpol PP

60
Rombongan Pemko Batam dan stake holder jasa pariwisata saat meninjau check point di Kawasan Nongsa, Rabu (5/8/20). (F: Disbudpar Batam)

Barakata.id- Check point di Kawasan Pariwisata Nongsa akan dijaga Satpol PP. Petugas dari Satpol PP ini akan melakukan pengecekan setiap orang yang masuk di kawasan pariwisata percontohan new normal tersebut.

Check point itu sendiri ada di dua lokasi yaitu Simpang Turi Beach dan Teluk Mata Ikan serta di depan Tering Bay Resort. Di dua lokasi itu petugas akan mengecek penerapan protokol kesehatan. Mulai dari pengecekan suhu tubuh sampai memberikan informasi mengenai wajib memakai masker.

Kemarin, Rabu (6/8/20) Asisten Ekonomi dan Pembangunan Kota Batam Pebrialin didampingi Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Batam Ardiwinata dan stake holder jasa pariwisata se Kawasan Nongsa meninjau ke lapangan. Rombongan ini melihat langsung lokasi yang akan dijadikan sebagai check point percontohan new normal Kawasan Pariwisata Nongsa.

Baca Juga:
Nongsa Jadi Percontohan Normal Baru Kawasan Wisata

Pebrialin mengatakan, peninjauan ini dilakukan dalam rangka persiapan dijadikannya Kawasan Pariwisata Nongsa sebagai percontohan pariwisata normal baru.

“Program ini membangun kembali image bahwa Batam bekerja sama dengan para pengelola pariwisata telah mempersiapkan diri untuk menerima kunjungan wisatawan,” ucapnya.

Pada tahap awal Nongsa dipilih karena kawasan ini dipandang strategis, memiliki banyak destinasi yang menarik dan didukung dengan amenitas yang lengkap.

Kadisbudpar Kota Batam, Ardiwinata mengatakan, di awal pelaksanaan check point itu pasti akan ada kendala atau persoalan. Sehingga selain alternatif ditempatkannya Satpol PP, juga perlu dilakukan evaluasi berkala.

“Kita akan melakukan evaluasi setiap dua minggu atau satu bulan sekali,” tegasnya.

Sementara itu, di sisi lain stake holder jasa pariwisata di Kawasan Nongsa juga sangat mendukung gagasan itu. Apalagi kawasan tersebut telah menerapkan protokol kesehatan sejak pemerintah mengimbau terkait hal itu.

General Manager Tering Bay Golf & Country Club Enly Yunaeni mengatakan keberadaan check point ini akan memberikan rasa percaya para wisatawan kepada para penyedia jasa wisata.

Baca Juga:
Pantai Nongsa Terpilih dalam Gerakan BISA Program Kemenparekraf

“Kami pelaku wisata siap mendukung Pemko Batam menjadikan kawasan Nongsa sebagai kawasan percontohan pariwisata new normal,” ucapnya.

Sementara Manager Palm Spring Golf and Country Club Batam, Steven Japari melaporkan perlengkapan check point di dua lokasi sudah siap, seperti adanya tenda, pengecek suhu tubuh dan toilet.

“Protokol kesehatan lainnya, seperti tempat mencuci tangan dengan sabun disediakan di masing-masing tempat wisata. Tamu sebelum memasuki lokasi wisata dipersilahkan mencuci tangan terlebih dahulu,” jelasnya.

****

Editor: Asrul R

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin