Home Kepulauan Riau

LMS Versi 2, Urus Perizinan Lahan Lewat Online Saja

urus Perizinan Lahan
Masyarakat bisa mengajukan perizinan terkait lahan lewat LMS versi 2. (F: Dok BP Batam)
Himbauan Pemprov Kepri

Barakata.id – Batam, Badan Pengusahaan (BP) Batam merilis pembaruan Land Management System (LMS) versi 2. Melalui layanan tersebut, urus perizinan lahan makin mudah, karena bisa lewat online.

Kepala Biro Humas Promosi dan Protokol BP Batam, Dendi Gustinandar, mengatakan, LMS dikembangkan BP Batam khususnya Direktorat Pengelolaan Lahan.

Baca Juga: Hore! Bayar UWT Makin Mudah, Bisa Dicicil 10 Kali

Lewat LMS ini, masyarakat dapat memperoleh informasi terkait prosedur dan tata cara yang diperlukan saat urus perizinan lahan di Batam.

Dendi mengajak masyarakat untuk memanfaatkan layanan tersebut sehingga mengurus berkas permohonan dapat dilakukan secara mandiri.

“Melalui perizinan online ini, BP Batam mengakomodir kebutuhan Pemohon dengan menghadirkan kemudahan pengurusan serta transparansi status berkas dan biaya perizinan,” tutur Dendi.

Seperti yang diingkan Kepala BP Batam Muhammad Rudi, Direktorat Pengelolaan Lahan diminta terus meningkatkan pelayanan untuk masyarakat dan investor ke depannya. Sehingga menjadi sumber realisasi penerimaan dan unit usaha penghasil terbesar.

Untuk mengakses layanan online tersebut, pemohon dapat mengakses sistem melalui laman lms.bpbatam.go.id. Awali dengan memasukkan username dan password, serta kode keamanan, lalu klik “masuk”.

Setelah klik “Buat Permohonan” pada sebelah kiri layar, Pemohon kemudian akan menemukan 5 pilihan pendaftaran permohonan.

“Layanan yang dihadirkan di sistem, antara lain pelayanan pengalokasian lahan, perpanjangan hak atas tanah, peralihan hak atas tanah, pelaporan hak tanggungan, dan perubahan dokumen,” kata Dendi.

Baca Juga: Ratusan Warga Sagulung Terima Dokumen Lahan dari BP Batam

Dendi melanjutkan, salah satu kelebihan dari LMS Online Versi 2 ini adalah, Pemohon dapat memonitor status berkas melalui menu Tracking pada portal. Caranya dengan mengisi nomor pendaftaran dan PIN atau nomor telepon maupun nama pengurus.

Selain itu, untuk melengkapi kekurangan dokumen permohonan perizinan, pemohon tak perlu lagi mengirimkan e-mail.

“Tutorial lebih lengkap sudah tersedia di Youtube resmi LMS Online,” jelas Dendi.

***
Editor: Asrul R

Advertisement

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin