Home Warta Arena

Lionel Messi Terancam Sanksi Larangan Bermain Dua Tahun

109
Lionel Messi terancam sanksi larangan bermain sepakbola selama dua tahun lantaran pernyataan kontroversial yang sering diucapkan selama Copa America 2019 berlangsung. (F: Getty Images)

Brasil – Lionel Messi terancam hukuman larangan bermain sepakbola selama dua tahun dari Conmebol atau Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan. Sanksi itu terkait pernyataan Lionel Messi usai Timnas Argentina mengalahkan Chile 2-1 dalam perebutan peringkat ketiga Copa America 2019 di Stadion Arena Corinthians, Minggu (7/7) dini hari WIB.

Dalam pernyataannya kepada media setelah pertandingan itu, Messi menuduh penyelenggara dan wasit di Copa America 2019 melakukan ‘korupsi’.

Pemain berjuluk La Pulga tersebut bahkan menolak pengalungan medali sekaligus selebrasi untuk La Albiceleste. Selain ‘korupsi’, Messi juga mengatakan Copa America 2019 digelar untuk memberikan gelar juara kepada Brasil.

Sebelum itu, bintang klub La Liga, Barcelona ini juga membuat pernyataan mengejutkan dengan mengatakan ‘wasit melakukan omong kosong’ setelah Argentina dikalahkan Brasil di semifinal.

Terkait komentar kontroversialnya, Messi bisa menghadapi hukuman berat dari Conmebol. Hal itu tercantum dalam peraturan soal larangan menghina institusi atau personel Conmebol dengan cara apa pun.

Jika Conmebol benar-benar mengambil tindakan tegas, maka Messi bisa dikenakan hukuman larangan bermain selama dua tahun. Sanksi itu bisa membuat penyerang 32 tahun tersebut absen di Copa America 2020 yang digelar di Argentina serta Kolombia dan Piala Dunia 2022 di Qatar.

Mengutip CNN, Senin (8/7/19), sejauh ini Conmebol sudah merespons komentar Messi tersebut dengan menilai pernyataan pemain jebolan La Masia itu tidak bisa diterima. 

“[Tuduhan ini] menunjukkan tak ada respek terhadap kompetisi ini, para pemain yang terlibat, dan ratusan para profesional di Conmebol yang telah bekerja sejak 2016 demi menciptakan organisasi ini transparan, profesional dan membangun sepak bola Amerika Selatan,” demikian pernyataan pihak Conmebol.

Brasil juara usai kalahkan Peru

Timnas Brasil menjuarai Copa America 2019 usai mengalahkan Peru 3-1 di partai final, Senin (8/7/19) dini hari WIB.(F: Reuters).

Sementara, Timnas Brasil sukses menjuarai Copa America 2019 usai mengalahkan Peru dengan skor 3-1 dalam laga final di Stadion Maracana, Rio de Janeiro, Senin (8/7) dini hari WIB.

Tuan rumah Brasil unggul 2-1 lebih dahulu di babak pertama lewat gol Everton Soares di menit ke-15 berkat umpan silang Gabriel Jesus. 

Peru sempat menyamakan kedudukan melalui penalti Paolo Guerrero di menit ke-44. Tetapi Gabriel Jesus kembali membawa Brasil unggul 2-1 di menit ke-45+3.

Baca Juga : Fernanda Colombo, Wasit Cantik yang Bikin Gagal Fokus

Di babak kedua, Brasil harus bermain dengan 10 orang setelah wasit Roberto Tobat memberi kartu merah kepada Gabriel Jesus.

Kalah dalam jumlah pemain tak membuat para pemain Brasil patah semangat. Tim Samba bahkan bisa menambah keunggulan di menit ke-90 lewat tendangan pinalti yang dieksekusi dengan baik oleh Richarlison.

Hingga peluit akhir ditiup wasit, skor 3-1 tak berubah. Brasil pun keluar sebagai juara Copa America 2019.

*****

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin