Home Warta Arena

Liga Inggris Akhirnya Punya Jeda di Tengah Kompetisi

57
Premier League akan menerapkan jeda pertandingan di tengah kompetisi mulai musim 2019/2020. (F: ESPN)

Batam – Mulai musim depan, 2019/2020, Liga Inggris akan menerapkan “winter break” atau jeda pertandingan di tengah kompetisi. Ini adalah sejarah baru karena selama ini Premier League tidak pernah mengenal waktu istirahat, baik saat Natal maupun Tahun Baru.

Di saat liga-liga di negara Eropa memberikan kesempatan kepada para pemain untuk merayakan Natal dan Tahun Baru, kompetisi Liga Inggris pada momen tersebut malah kerap kali menggelar laga-laga besar.

Baca Juga :Manchester City Juara Liga Inggris 2018/2019

Kondisi itu sudah sering dikeluhkan oleh para manajer klub. Mereka menilai para pemain terlalu kelelahan karena kompetisi tidak mengenal kata libur, di saat pemain di negara lain sedang istirahat.

Meski akhirnya menerapkan “jeda pertandingan” mulai musim 2019/2020, tapi federasi sepakbola Inggris tak mau menyebutnya dengan istilah “winter break”. FA melabeli waktu istirahat itu dengan mid-season player break.

Hal berbeda lain yang dilakukan FA dibanding dengan kompetisi di Eropa adalah, jeda pertandingan tersebut tidak dilaksanakan pada akhir tahun sampai pergantian tahun. Liga Inggris menetapkan waktu istirahat kompetisi pada bulan Februari antara tanggal 8 sampai 15.

Baca Juga : Salah, Mane dan Aubameyang Berbagi Sepatu Emas

Bahkan, di masa tersebut juga masih ada pertandingan yang digelar. Dari 10 pertandingan, FA membagi menjadi masing-masing lima pertandingan untuk tanggal 8 dan 15 Februari.

“Kami akan memiliki akhir pekan ini dan kami menyebutnya ‘istirahat pemain tengah musim’. Kami tidak menyebutnya winter break. Mengapa begitu? Karena kami tidak istirahat,” kata Kepala Eksekutif Premier League, Richard Scudamore seperti dikutip dari Mirror, Kamis (13/6/19).

Menurut Richard, pembagian lima pertandingan di minggu pertama dan lima lainnya di minggu lainnya adalah hal yang “positif sepakbola Inggris”.

Berikut jadwal pertandingan yang akan bergulir antara tanggal 8 dan 15 Februari 2020:

Arsenal v Newcastle United
Aston Villa v Spurs
Brighton v Watford
Chelsea v Man Utd
Everton v Crystal Palace
Man City v West Ham
Norwich City v Liverpool
Sheffield United v AFC Bournemouth
Southampton v Burnley
Wolves v Leicester City

*****

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin