Warta Arena Liga Champions: 8 Tim Lolos, Liverpool Terancam

Liga Champions: 8 Tim Lolos, Liverpool Terancam

22
Barcelona lolos ke babak 16 besar liga Champions usai mengalahkan Borrusia Dortmund 3-1 di Stadion Camp Nou, Kamis (28/11/19) dini hari WIB. (F: AFP)

Barakata.id, Batam – Liga Champions sudah memasuki laga penentuan menuju babak 16 besar. Saat ini, baru 8 tim yang memastikan diri lolos.

Kepastian lolosnya 8 tim itu didapat dari hasil pertandingan pada laga kelima Rabu (27/11/19) waktu setempat atau Kamis (28/11/19) dini hari WIB. Pada laga tadi malam, dua tim sukses meraih tiket ke babak gugur yakni Barcelona dan RB Leipzig.

Baca Juga : Liverpool Juara Liga Champions 2018/19

Tim Catalan mantap melangkah ke 16 besar dengan status juara Grup F. Dini hari tadi, Messi cs berjaya mengalahkan tamunya Borussia Dortmund 3-1 di Stadion Camp Nou.

Sementara Leipzig berhak melaju ke babak berikutnya setelah meraih hasil imbang 2-2 melawan Benfica di Red Bull Arena. Dengan tambahan satu poin tersebut, Leipzig langsung mengambil tiket 16 besar sebagai wakil dari Grup G.

Pada laga keenam di Grup G, nantinya akan menentukan siapa juara dan runner-up grup.

Sebelumnya, pada laga kelima di fase grup yang digelar, Selasa (26/11/19) waktu setempat atau Rabu (27/11/19) dini hari WIB, tiga tim lain sudah lebih dulu mengantongi tiket ke 16 besar yaitu, Real Madrid, Tottenham Hotspur, dan Manchester City.

Tottenham yang kini diasuh Jose Mourinho menang 4-2 saat menjamu Olympiacos. Sedangkan Real Madrid lolos setelah bermain imbang 2-2 di Santiago Bernabeu saat berhadapan dengan PSG.

Adapun Manchester City berhak ke babak gugur meski ditahan imbang tamunya Shakhtar Donetsk di Etihad dengan skor 1-1.

Jauh sebelumnya atau pada pertandingan keempat, tiga tim tampak digdaya di grup masing-masing, dan memastikan lolos ke 16 besar lebih cepat. Tiga tim itu adalah, PSG, Juventus, dan Bayern Munchen.

Lolosnya 8 tim itu berarti menyisakan 8 tiket babak 16 besar yang akan diperebutkan 15 tim tersisa dari 8 grup pada pertandingan terakhir yang akan dilangsungkan dua pekan mendatang. Salah satu tim yang masih harus berjuang adalah juara bertahan Liverpool.

Liverpool terancam

Mohamed Salah mengangkat trofi Liga Champions bersama Liverpool. (F: Clive Rose/Getty Images)

Pada pertandingan dini hari tadi, pasukan Jurgen Klopp itu hanya bisa memetik satu poin ketika menjamu Napoli. Meski masih berada di puncak klasemen grup E, tapi nilai The Reds masih berpotensi disalip para pesaingnya.

Pelatih Klopp pun mengakui kalau Liverpool memiliki situasi yang lebih sulit daripada Napoli untuk bisa lolos ke babak selanjutnya.

Laga terakhir Liverpool pun cukup berat. Sadio Mane dkk harus tandang ke Austria, ke markas RB Salzburg. Sementara rival utama mereka Napoli akan menjamu Genk, yang bisa dikatakan sebagai tim terlemah di grup E.

Baca Juga : All England Final Liga Champions, dari MU vs Chelsea ke Liverpool vs Tottenham

Liverpool bakal gagal lolos jika Napoli menang dan The Reds tumbang di Austria dengan selisih dua gol atau kalah dengan selisih satu gol dan hanya mencetak maksimal dua gol.

Dari lima pertandingan di grup E, Liverpool kini mengoleksi 10 poin. Di bawahnya ada Napoli dengan 9 poin, diikuti Salzburg yang mengintip dengan 7 poin.

Tak ada kata lain, The Reds harus menang di laga pamungkas jika masih ingin bermain di liga Champions musim ini.

*****

Editor : Yuri B Trisna

KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here