Home Gaya Libur Panjang? Ini Tips Staycation Agar Tetap Asyik

Libur Panjang? Ini Tips Staycation Agar Tetap Asyik

25
Tips Staycation
Ilustrasi. Staycation alias berlibur di rumah saja tetap bisa asyik dengan cara yang kreatif. (F: Freepik)

Barakata.id- Akhir bulan ini merupakan libur panjang. Mulai 28 Oktober sampai 1 November 2020. Pemerintah menyarankan agar masyarakat berlibur di rumah saja alias staycation (stay vacation). Hal itu untuk mengurangi penyebaran Covid-19.

Tapi agar tak membosankan, ada baiknya Anda mencari cara kreatif untuk mengisi liburan tersebut. Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 dr Reisa Brotoasmoro membagi tips staycation asyik dan aman mengisi libur panjang.

“Berlibur di rumah saja jadi pilihan terbaik karena dinilai paling aman dan masyarakat dapat mengendalikan tempat tinggalnya. Bahkan dapat melibatkan seluruh anggota keluarga,” kata Reisa dalam konfrensi pers yang disiarkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (23/10/2020).

Baca Juga:
Libur Panjang, Pergi ke Zona Merah Wajib Lapor

Kendati di rumah saja, menurut Reisa rumah harus dibersihkan dan didisinfeksi secara rutin. Pastikan peredaran udara segar dan lancar. Caranya dengan membuka ventilasi atau jendela, pastikan sinar matahari masuk.

“Banyak hal yang bisa dilakukan meskipun di rumah saja tak kalah seru dengan berlibur di luar rumah,” kata dia.

Beberapa hal yang bisa dilakukan bersama keluarga adalah tur virtual ke tempat-tempat wisata, nonton konser musik atau film di internet, bikin permainan seru dengan keluarga atau olahraga bersama.

“Olahraga yang bisa dilakukan di rumah misalnya yoga, senam atau mempraktekkan tips stetching dan angkat beban,” ujarnya.

Namun bila tetap ingin berolahraga di luar rumah, perhatikan intensitasnya. Untuk tingkat intensitas ringan disarankan tetap memakai masker dan menjaga jarak aman.

Selain memberikan tips staycation yang asyik dan aman, dr Reisa juga mengingatkan masyarakat yang tetap memutuskan dengan sangat matang untuk bepergian ke luar kota, agar memilih moda transportasi yang menerapkan protokol kesehatan dengan ketat.

Baca Juga:
Rajin Cuci Tangan untuk Hindari Covid-19, Sudah Benarkah Caranya?

Dalam perjalanan pastikan tetap memakai masker, hindari makan atau minum, serta hindari mengobrol. Jika bepergian dengan menginap, maka pilihlah hotel atau akomodasi yang patuh dan disiplin menerapkan sanitasi dan protokol kesehatan

“Ingat, berlibur itu baik untuk kesehatan psikologis kita. Tetapi, tidak mengurangi tanggung jawab kita melindungi diri dan orang lain dari resiko Covid-19,” pungkasnya.

***

Editor: Asrul R

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin