Warta Dunia Leonardo DiCaprio Dituduh Sebagai Pembakar Hutan Amazon

Leonardo DiCaprio Dituduh Sebagai Pembakar Hutan Amazon

7
Leonardo DiCaprio (F: Instagram @leonardodicaprio)

Barakata.id, Batam – Aktor Leonardo DiCaprio dituduh sebagai pihak yang paling bertanggung jawab atas kebakaran di hutan Amazon tahun ini. Tuduhan itu dilontarkan Presiden Brasil Jair Bolsonaro pada Jumat (29/11/19) lalu.

Meski tuduhan itu tanpa bukti, tapi Bolsonaro mengklaim bahwa Leonardo DiCaprio adalah pihak yang mendanai kelompok nirlaba yang melakukan pembakaran di hutan Amazon.

“DiCaprio adalah pria yang keren, bukan? Memberikan uang untuk membakar Amazon,” kata presiden kepada para pendukungnya di Brasilia, dikutip dari CNN Indonesia, Sabtu (30/11/19).

Baca Juga : Malaysia Menutup 554 Sekolah karena Kabut Asap

Pernyataan Bolsonaro tentang aktor tersebut adalah bagian dari penolakan pemerintah yang lebih besar terhadap kelompok nirlaba lingkungan yang beroperasi di Brasil.

Organisasi lingkungan DiCaprio, Earth Alliance, telah menjanjikan US$5 juta untuk membantu melindungi Hutan Amazon, setelah gelombang kebakaran menghancurkan sebagian besar hutan hujan terbesar di dunia itu sepanjang bulan Juli dan Agustus.

Perwakilan media sang aktor tidak segera mengomentari pernyataan Bolsonaro.

Beberapa anggota administrasi Bolsonaro berpendapat bahwa kelompok masyarakat dan lingkungan menghambat pembangunan ekonomi di wilayah tersebut.

Bolsonaro dan Menteri Lingkungan Hidup Ricardo Salles masih berniat melakukan pembangunan di beberapa area hutan yang dilindungi, bahkan ketika kebakaran dan deforestasi telah ada dalam level yang mengkhawatirkan.

Kritik terhadap DiCaprio dan aktivis lingkungan menyusul penggerebekan polisi di markas besar dua kelompok nirlaba di negara bagian Para, Amazon awal pekan ini.

Kebakaran di hutan Amazon mencapai puncaknya tahun ini. (F: Instagram)

Polisi setempat juga menangkap empat sukarelawan pemadam kebakaran karena diduga menyalakan api untuk mendapatkan dana dari donor yang bersimpati.

Sukarelawan pemadam kebakaran membantah melakukan hal tersebut dan dibebaskan dari tahanan.

Jaksa federal mengatakan penyelidikan mereka menunjuk pada perusak lahan sebagai tersangka utama kebakaran di daerah itu, bukan organisasi nirlaba atau pemadam kebakaran.

Peternak sapi, petani, dan penebang liar telah lama menggunakan api untuk membersihkan lahan di Hutan Amazon.

Ini bukan pertama kalinya Presiden Brasil menyatakan, tanpa bukti, bahwa kelompok nirlaba membakar di Hutan Amazon, atau mempertanyakan peringatan tentang perubahan iklim.

Pada bulan Agustus, di tengah-tengah kemarahan dunia atas kebakaran Hutan Amazon, Bolsonaro menyalahkan “perang informasi yang terjadi di dunia melawan Brasil” dan memecat kepala lembaga penelitian luar angkasa pemerintah yang memantau deforestasi.

Baca Juga : Gawat, 60 Persen Hutan Mangrove Indonesia Rusak

Bolsonaro menuduh presiden institut itu, Ricardo Galvão, memanipulasi data deforestasi untuk membuat pemerintahannya terlihat buruk.

Tetapi ketika sebuah laporan deforestasi tahunan dirilis pada bulan November, tiga bulan setelah insiden tersebut, mengkonfirmasi kenaikan dua digit persen dalam deforestasi, pemerintah mengakui bahwa deforestasi memang telah meningkat dari tahun ke tahun.

*****

Sumber : CNN Indonesia

KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here