Beranda Kepulauan Riau Bintan

Lebih Spesial, Bintan Triathlon 2019 Digelar Lebaran

128
0
Peserta Bintan Triathlon 2018. Tahun ini, event sport tourism ini akan digelar tanggal 7-9 Juni. (F: Dispar Bintan)
- Advertisement -
DPRD Batam

Bintan – Bintan Triathlon 2019 bakal digelar berdekatan dengan Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah, yakni tanggal 7-9 Juni 2019. Event sport tourism itu akan dihelat di kawasan Bintan Lagoon Resort, Bintan, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

“Bintan Triathlon 2019 akan terasa berbeda tahun ini, lebih spesial, lebih istimewa karena akan digelar masih dalam suasana Lebaran,” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam keterangan pers, Rabu (29/5/19).

- Advertisement -

Arief mengatakan, “Bintan bisa mendapat banyak keuntungan dari pelaksanaan event ini lantaran momentumnya spesial”.

Pertama, kata Arief, Pemerintah Kabupaten Bintan bisa menjual eventnya dengan lebih lengkap. Bukan hanya untuk peserta Bintan Triathlon tapi juga kepada wisatawan umum dengan memanfaatkan nuansa Lebaran di daerah itu.

“Tinggal pengemasan saja, bisa dijual kultur dan tradisi masyarakat setempat dalam merayakan Hari Raya Idul Fitri, yang mungkin tidak ditemui di negara asal wisatwan, khususnya yang berasal dari negara-negara Amerika dan Eropa,” kata dia.

Baca Juga : Kemenpar Bawa 8 Travel Agen Cina Keliling Batam-Bintan

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata, Rizki Handayani menambahkan, Bintan Triathlon 2019 memiliki agenda yang cukup padat. Keseruan akan sudah dirasakan peserta dan penonton sejak ejak hari pertama event digelar.

Rizki bilang, “setiap peserta bakal dibuat betah dengan rangkaian kegiatan yang digelar”.

“Banyak agenda untuk para peserta. Sebelum event utama, mereka bisa mengikuti kegiatan. Dan tidak hanya buat peserta, anak-anak dan keluarga juga akan terlibat. Ada Beach Soccer for Kids, ada Sunset Swim Classic, Yoga Session, dan masih banyak lagi. Semua terlibat,” ujarnya.

Baca Juga : 10 Destinasi Wisata Fantastis di Bintan

Ketua Tim Calendar of Event Kementerian Pariwisata Esthu Reko Astuty, juga menjamin Bintan Triathlon 2019 bakal seru. Sebab, event ini selalu mendapat perhatian peserta mancanegara.

“Event ini selalu ramai. Selalu bisa menarik perhatian peserta mancanegara. Bahkan, Bintan Triathlon bisa dibilang event triathlon paling diminati di Indonesia,” kata Esthy.

Bintan Triathlon tahun ini adalah event yang ke-15 kali digelar di Bintan, dengan memadukan tiga cabang olahraga sekaligus yakni berenang, bersepeda dan berlari.

Ada lima kategori yang dipertandingkan yaitu Olympic Distance meliputi etape berenang sepanjang 1,5 kilometer, bersepeda sejauh 40 kilometer, dan berlari sejauh 10 kilometer. Untuk kategori Sprint Distance meliputi berenang sepanjang 750 meter, bersepeda sejauh 20 kilometer dan berlari sejauh 5 kilometer.

Berikutnya, Youth Distance meliputi berenang sepanjang 300 meter, bersepeda sejauh 12 kilometer dan berlari sejauh 3 kilometer. Untuk Kids Distance meliputi berenang sepanjang 150 meter, bersepeda sejauh 6 kilometer dan berlari sejauh 1,5 kilometer.

Sedangkan Fun Duo Race Challange, peserta akan menempuh jarak 150 meter dengan berenang, dan berlari sejauh 1,5 kilometer sampai finish. Kategori ini merupakan cabang yang difavoritkan oleh peserta yang berkeluarga (family sport). Catatan event sebelumnya, kategori family sport banyak diikuti oleh peserta dari negara Singapura, Australia, dan Cina.

Akan dihadiri 4.000 peserta dari 30 negara

Kepala Dinas Pariwisata Bintan, Wan Rudi Iskandar mengatakan, event Bintan Triathlon 2019 diperkirakan akan dihadiri oleh sekitar 4.000 orang yang berasal dari 30 negara.

Menurutnya, ribuan orang itu terdiri dari para atlet, sponsor, dan keluarga para atlet. Untuk peserta atlet, ada sebanyak 1.300 atlet akan melakukan register ulang.

Ia berharap, Bintan Triathlon ini dapat meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) dan wisatawan nusantara (winus) ke Bintan.

*****

- Advertisement -