Home Kepulauan Riau Batam LAZ Batam Beri Pelatihan Tata Boga Masyarakat Tak Mampu

LAZ Batam Beri Pelatihan Tata Boga Masyarakat Tak Mampu

Ibu-ibu berpenghasilan rendah mendapat pelatihan tata boga di LAZ Batam. (F: LAZ Batam untuk Barakata.id)

Barakata.id- Lembaga Amil Zakat (LAZ) Batam mengadakan pelatihan tata boga, salah satunya dengan membuat mi sehat. Kegiatan itu merupakan program untuk membantu masyarakat yang berpenghasilan rendah.

Ketua LAZ Batam Syarifuddin mengatakan, pelatihan itu juga diberikan kepada masyarakat yang kehilangan mata pencaharian karena dampak Covid-19.

“Jadi program ini sebagai upaya untuk merecovery ekonomi masyarakat yang terdampak,” kata Syarif, Minggu (26/7/20).

Baca Juga:
LAZ Batam Serahkan Bantuan ABS Gelombang 1

Pembelajaran tata boga tersebut dilakukan Jumat (24/7/20) kemarin di kantor LAZ Batam. Ada tiga orang ibu-ibu yang belajar membuat mi sehat. Nantinya mi itu digunakan sebagai bahan dasar mi ayam. Pelatihnya berasal dari Group Mie Sehat Jakarta. Para ibu-ibu itu menyimak sambil mempraktekkan langsung di Kantor LAZ Batam.

“Kebetulan ibu-ibu itu juga ibu tunggal, mereka menjadi ayah untuk anak-anaknya,” kata Syarif.

Setelah selesai pelatihan, ibu-ibu ini tak dilepas begitu saja. Melainkan diberi bantuan berupa modal usaha untuk membuka usaha mi ayam di rumah masing-masing. Agar mudah dan tak terlalu butuh tempat, nantinya mi ayam yang dibuat itu dipasarkan dengan sistem online dan langsung.

“Selain bantuan dana, mereka juga diberi bantuan peralatan dan bahan-bahan untuk membuat mi ayam,” ujar Syarif.

Baca Juga: LAZ Batam Bantu 2 Warga Taman Marchelia

Program pelatihan tata boga ini merupakan bagian dari program peduli ekonomi. Program itu diperuntukkan bagi kalangan yang berhak menerima zakat (mustahik zakat), khususnya masyarakat yang tidak mampu dari sisi ekonomi.

Syarif menjelaskan, dana zakat yang ada di LAZ Batam dikelola dalam bentuk usaha produktif. Sehingga penerimanya dapat memperoleh hasil berkelanjutan. Bahkan bisa menopang kebutuhan ekonomi setiap rumah tangga dhuafa menuju kemandirian. Ibaratnya memberikan pancing untuk berusaha, tidak hanya memberikan ikan yang bisa langsung habis sekali dimakan.

Selain di bidang ekonomi, LAZ Batam juga beberapa waktu lalu menyalurkan bantuan pendidikan berupa biaya pendaftaran bagi siswa baru. Namun, dana yang disalurkan dalam program Aku Bisa Sekolah (ABS) itu merupakan dana khusus dari donatur untuk program tersebut.

****

Penulis: Asrul R

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin