Home Warta Ekonomi

Lagi Musim Hujan, Ini Tanda Wiper Anda Harus Diganti

ilustrasi. (F: Pixabay)

Barakata.id- Mobil menjadi alat transportasi yang tepat digunakan saat musim hujan. Namun, persiapan esktra tetap harus dilakukan. Salah satunya dengan memperhatikan komponen yang ada dalam mobil, salah satunya wiper.

Di musim hujan, wiper sangat berpengaruh bagi aktivitas berkendara. Sebab, jika wiper bermasalah maka air hujan tak dapat tersapu sempurna. Akibatnya pandangan menjadi kurang jelas. Ini tentu berisiko dan bisa menyebabkan kecelakaan.

Baca Juga:
Beli Mobil Bekas di Tahun Baru? Ini Tipsnya Biar Tak Salah Pilih

Untuk mengetahui tanda-tanda wiper sudah tak berfungsi dengan baik, dikutip dari laman honda-indonesia, Anda harus memperhatikan hal-hal ini.

1. Teksturnya kasar dan melengkung

Karet merupakan komponen penting yang ada pada wiper. Salah satu tanda apakah wiper masih berfungsi dengan baik adalah dengan mengecek karetnya.

Caranya sentuh dan lihat. Apabila teksturnya sudah kasar, retak atau pecah-pecah, pinggirannya tak rata dan keras. Maka karet wiper sudah terlalu aus dan harus segera diganti.

Selain itu, jika sudah tak layak bentuk wiper juga biasanya berubah. Jika masih dalam kondisi baik bentuknya cenderung lurus, tapi jika sudah aus bentuknya lebih melengkung.

2. Masih ada bercak air

Anda dapat mengetes fungsi wiper dengan menyalakan wiper di atas kaca yang sudah disiram air. Jika wiper tak dapat menyapu air dengan sempurna, malah meninggalkan bercak. Sudah jelas karet wiper sudah mengeras dan waktunya untuk diganti.

3. Suaranya berdecit

Baca Juga:
Mengapa Mobil Kepresidenan Identik Berwarna Hitam?

Jika sedang menyalakan wiper dalam kondisi hujan lalu ada suara berdecit, itu menandakan karet wiper sudah mengeras.

Hal itu menandakan wiper harus diganti. Sebab, jika tidak, hal itu dapat menimbulkan baret pada kaca mobil. Tentu biaya memperbaiki baret bakal lebih mahal kan, dibandingkan mengganti wiper dengan yang baru.

***

Editor: Asrul R

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin