Home Kepulauan Riau Bintan

Kunjungi Mahasiswa Asal Bintan di Yogyakarta, Apri Sujadi Ajak Mereka Bangun Daerah

160
Mahasiswa Bintan
Bupati Bintan, Apri Sujadi berbincang dengan mahasiswa asal Kabupaten Bintan di Yogyakarta, Selasa (4/2/20) malam. (F: Barakata.id/IST)

Barakata.id, Bintan – Bupati Bintan, Apri Sujadi mengunjungi mahasiswa asal Bintan yang sedang kuliah di sejumlah kampus di Yogyakarta. Apri mengajak mahasiswa untuk bersama-sama membangun Bintan jika sudah selesai nanti.

Dalam pertemuan yang berlangsung santai di Warung Silol Kopi and Bakery , Selasa (4/2/20) malam, Apri juga memberikan bantuan kepada sejumlah mahasiswa tersebut. Apri berjanji ke depan, Pemerintah Kabupaten Bintan akan memanfaatkan program yang ada, termasuk memanfaatkan dana CSR perusahaan-perusahaan yang ada di Bintan.

“Kita ingin meringankan beban adik-adik mahasiswa yang sedang menuntut jauh dari kampung halaman,” katanya.

Baca Juga :
Pilkada Bintan 2020, Diskominfo Akan Bentuk Tim Anti Hoax

Pada pertemuan itu, Apri banyak mendengar tentang perkuliahan para mahasiswa asal Bintan itu. Termasuk pula soal hambatan yang mereka hadapi selama ini.

“Yang jelas, kita juga terus mendorong dan mencoba memberikan semangat dan solusi agar adik-adik mahasiswa dapat fokus kuliah,” kata dia.

Apri pun berpesan kepada seluruh mahasiswa Bintan agar bisa kembali ke tanah kelahirannya setelah selesai kuliah. Pengetahuan dan ketrampilan yang dimiliki mereka hendaknya dapat membantu mempercepat kemajuan Bintan.
         
“Kami berharap, sesudah selesai proses belajar bisa kembali dan dapat ikut  membaktikan diri kembali ke daerah Bintan,” ujar Apri.

Meski kewenangan urusan bantuan mahasiswa ada di pihak Pemerintah Provinsi Kepri, Apri menegaskan bahwa Pemkab Bintan tetap berkomitmen untuk membangun SDM Bintan yang berkualitas. Salah satunya dengan menyalurkan Bantuan Beasiswa Mahasiswa Tidak Mampu.

Menurut Apri, dengan keterbatasan kewenangan, ia akan tetap berusaha agar bagaimana anak-anak Bintan mendapatkan porsi pendidikan yang mumpuni.

“Kita memang banyak terbentur aturan ketika akan menyalurkan bantuan, khususnya bagi tingkat SMA dan perguruan tinggi karena wewenangnya ada di Pemprov Kepri,” ujarnya.

Bupati Bintan Apri Sujadi
Bupati Bintan, Apri Sujadi menyerahkan bantuan kepada mahasiswa asal Bintan di Yogyakarta, Selasa (4/2/20) malam. (F: Barakata.id/IST)

Meski demikian, selama 4 tahun belakangan, Pemkab Bintan tetap berusaha, dan alhamdulillah tercatat ada 309 mahasiswa yang sudah mendapatkan bantuan dari Pemkab Bintan.

“Kita harapkan tahun 2020 ini (bantuan) dapat terus berlanjut,” ujarnya

Baca Juga :
Jumlah Pelamar CPNS Bintan 4.097 Orang, Tes Mulai 5 Februari

Pemkab Bintan diketahui telah menyalurkan penerima bantuan mahasiswa tidak mampu selama 4 tahun berjumlah 309 mahasiswa.

Rinciannya, untuk tahun 2016 sebanyak 51 mahasiswa, tahun 2017 (140), tahun 2018 (57), dan tahun 2019 ada 61 mahasiswa yang meneima bantuan

“Kita terus berusaha, bagaimana anak-anak kita dapat terus bersemangat untuk sekolah,” pungkas Apri.

*****

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin