Home Nusantara Kunjungan Dirjen KKP di Blitar Bawa Kapal, Bupati Rini Pesan Harus Bergulir

Kunjungan Dirjen KKP di Blitar Bawa Kapal, Bupati Rini Pesan Harus Bergulir

Kunjungan Dirjen KKP di Blitar Bawa Kapal
Bupati Blitar bersama Dirjen KKP TP Haeru Rahayu (tengah memakai kalung bunga) sedang melihat hasil olahan ikan laut dari kelompok ibu-ibu nelayan setempat. (foto: istimewa).
Himbauan Pemprov Kepri

Ikuti kami di Google Berita

Barakata.id, Blitar (Jatim)Bupati Blitar Rini Syarifah mendampingi Dirjen Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP), TB Haeru Rahayu mengunjungi Pantai Tambak Rejo, di Desa Tambak Rejo Kecamatan Wonotirto, pada Sabtu (20/11/2021).

Dihadapan Dirjen Rahayu, Bupati Blitar Rini Syarifah menuturkan bahwa potensi perikanan laut di Blitar sangat besar.

Ia menyebut, dalam satu tahun para nelayan mampu menghasilkan 52 ribu ton hasil laut. Hal ini sesuai dengan wilayah laut yang membentang sepanjang 45 kilometer persegi.

Baca juga : Resmikan Gedung Baru Polres Blitar, Bupati Rini Syarifah Berharap Pelayanan Masyarakat lebih Cepat dan Akurat

Tidak hanya itu, di pesisir selatan Blitar juga terdapat 9 tempat pendaratan ikan dan satu tempat pelelangan. Dengan jumlah nelayan sebanyak 1367 orang.

Dari jumlah nelayan, ada 291 kapal dengan 258 kapal laut dan 33 kapal untuk perairan darat. Oleh karena itu perlu adanya pengembangan agar lebih optimal.

“Perlu adanya sarana dan prasaranan yang baik agar hasil perikanan bisa berkembang dengan penambahan perahu, sarana dan prasarana para nelayan,” kata Mak Rini dalam sambutan.

Baca juga : Gandeng Kabupaten Subang, Bupati Blitar Teken MoU Soal Telur Sama Jagung

Dalam kesempatan ini Bupati juga mengucapkan terimakasih kepada KKP dan juga anggota DPR yang dalam kesempatan ini memberikan hibah dan bantuan kepada nelayan.

Sehingga kedepannya dengan adanya bantuan tersebut mampu untuk mengoptimalkan sumberdaya perikanan.

“Pesan saya, bantuan tersebut harus dikelola dengan baik dan tidak boleh dijual. Manfaatkan untuk kepentingan orang banyak, masalah bantuan modal bisa bergulir,” tuturnya.

Baca juga : Bupati Blitar Launching Ambulance Call Center WINGS RSUD Wlingi

Sementara, Dirjen KKP yang mewakili Menteri KKP yang berhalangan hadir mengatakan bahwa potensi kelautan dan hasil perikanan yang ada di Indonesia sangat besar.

Hal ini bisa dilihat dari hasil tangkapan nelayan seluruh Indonesia. Untuk itu jika bisa meningkatkan perikanan maka akan bisa dilakukan ekspor.

Dirjen KKP juga menambahkan bahwa dalam kunjungannya bersama dengan DPR RI ini juga untuk membantu para nelayan dengan memberikan bantuan berupa kapal dan bantuan modal.

Baca juga : Festival Kresnayana ke V Sukses Digelar Pemkab Blitar, Ini 10 Top Even Pemprov Jatim

Diharapkan nantinya dengan bantuan tersebut mampu membuat nelayan di Kabupaten Blitar agar bisa lebih banyak lagi menghasilkan produksi perikanan.

Acara yang dikemas dalam rangka hari gemar makan ikan ini ditandai dengan pemotongan tumpeng dimsum ikan.

Serta penyerahan bantuan dan hadiah bagi nelayan Blitar yang meraih juara 2 dalam lomba nelayan tingkat nasional. (adv/ kmf/jun)

SebelumnyaPuskesmas Botania Kini Punya Pos Kelola Anak Stunting di Mall
SelanjutnyaKasus Ibu Dipenjara 1 Tahun Karena Marahi Suami Pemabuk, Bukti Nyata Diskriminasi Hukum!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin