Home Warta Ekonomi

Kunci Agar Perempuan Sukses dalam Berbisnis

127
Kunci Sukses dalam berbisnis
Ilustrasi

Barakata.id, Batam – Saat ini bisnis bukan hanya monopoli laki-laki. Kaum perempuan juga sudah banyak yang terbukti sukses di bidang bisnis.

Banyak perempuan yang ikut berkontribusi membantu perekonomian keluarga dengan menjalankan berbagai jenis usaha. Apalagi sekarang tekhnologi sudah semakin maju dengan berkembangnya media sosial.

Data biro sensus Amerika Serikat (AS) menyebutkan, bisnis yang dimiliki perempuan adalah salah satu segmen yang tumbuh paling cepat dan meningkat 83 persen dari tahun 1997 hingga 2012.

Baca Juga : Cara-Cara Sederhana Agar Lekas Kaya

Namun, agar perempuan sukses dalam berbisnis, ada beberapa hal yang perlu diketahui. Endah Watiningsih, pengusaha perempuan distributor medical equipment dan alat laboratorium dan properti membagikan pengalamannya tentang bagaimana agar perempuan sukses di bidang bisnnis.

Berikut kunci sukses yang perlu diketahui perempuan dalam menjalankan bisnis menurut Endah, seperti dikutip dari Fimela.com :

Restu suami dan keluarga

Hal pertama yang perlu dilakukan kaum perempuan yang ingin menjalankan sukses dalam berbisnis adalah, selalu memohon ridho dari Allah SWT, dan lebih penting lagi adalah restu dari suami dan keluarga.

“Karena tanpa ridho dari suami dan keluarga, kesuksesan yang kita hasilkan belum tentu menjadi kebahagiaan bagi mereka,” ujar Endah.

Fokus pada tujuan

Hal kedua adalah, perempuan dalam bekerja harus fokus pada tujuan serta harus siap dengan rintangan. Dan tak lupa, perempuan harus membiasakan diri hidup hemat.

Tidak mudah menyerah

Perempuan dikenal sebagai pribadi yang sensitif. Jika ada masalah, biasanya mudah terbawa perasaan.

Menurut Endah, hal itu bisa membuat perempuan cepat menyerah. Padahal, jika ingin sukses dalam berbisnis, seseorang tak boleh mudah patah semangat.

“Percayalah bahwa sakit yang sekarang akan membuahkan hasil yang manis,” katanya.

Membangun jaringan

Kalau ingin sukses dalam berbisnis, perempuan harus terus membangun jaringan yang kuat. Endah menegaskan, mempunyai sistem jaringan yang kuat dalam menjalankan usaha merupakan aset besar untuk pemilik bisnis.

Baca Juga : Lima Strategi Agar Perempuan Cerdas Finansial

Jika perlu, ikutlah kegiatan seminar bisnis yang diadakan di kota tempat kita tinggal. Di acara itu bisa bertemu dengan banyak orang dengan tujuan yang sama, dan mungkin saja akan menjadi jaringan bisnis kita.

Bisa juga, bergabung dengan organisasi-organisasi bisnis atau grup-grup bisnis di media sosial. Dari organisasi atau grup bisnis itu, kita bisa mendapat banyak ilmu sekaligus teman atau relasi yang sangat berguna untuk pengembangan bisnis kita.

*****

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin