KPU Kepri Luncurkan “Si Gonggong Demokrasi”, Maskot Pilkada 2020

25
KPU Kepri sosialisasi tahapan Pilkada 2020 di Hotel CK Tanjungpinang, Jumat (1/11/19).

Barakata.id, Tanjungpinang – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) telah menetapkan maskot untuk Pilkada 2020. Maskot itu adalah Sigosi atau Si Gonggong Demokrasi.

Komisioner KPU Kepri, Parlindungan Sihombing mengatakan, maskot Sigosi rencananya akan diluncurkan di Kota Batam pada 8 November 2019 mendatang. Tempatnya di Dataran Engku Putri, Batam Centre.

Pemilihan Sigosi sebagai maskot Pilkada serentak tahun 2020 di Kepri, kata Parlin, diambil dari sesuatu yang menjadi ciri khas daerah setempat. KPU Kepri menilai gonggong merupakan ciri khas Kepri sehingga cocok untuk dijadikan maskot.

Baca Juga : Anggaran Pilgub Kepri Capai Rp130 Miliar

Sebenarnya, lanjut Parlin, pemakaian gonggong sebagai maskot bukan hal yang pertama dilakukan KPU Kepri. Sebelumnya, pada beberapa pemilu juga sudah pernah dilakukan.

“Karena itu, kami melakukan beberapa perbaikan dan akan melakukan peluncuran ulang. Sigosi ini nanti akan menggunakan busana Melayu lengkap dengan tanjak,” kata Parlin dalam acara Sosialisasi Tahapan Pilkada Serentak tahun 2020 di Hotel CK, Kota Tanjungpinang, Jumat (1/11/19).

Di acara yang juga dihadiri Ketua KPU Kepri Sri Wati itu, Parlin menyampaikan, selain meluncurkan maskot, pada tanggal yang sama KPU Kepri juga akan meluncurkan Pilkada 2020.

“Jadi nanti di Batam itu acaranya sekaligus, peluncurkan Pilkada 2020 dan peluncuran Sigosi sebagai maskot Pilkada di Kepri,” katanya.

Mengapa memilih Batam, lanjut Parlin, karena Batam merupakan wilayah dengan jumlah pemilih terbanyak di Kepri. Dengan peluncuran di kota itu, diharapkan bisa meningkatkan partisipasi pemilih untuk menggunakan hak suaranya pada Pilkada 2020 nanti.

Secara nasional, pada pilkada-pilkada sebelumnya, Batam yang masuk kategori kota minimalis dalam pelaksanaan pilkada, tingkat partisipasinya tergolong kecil.

Baca Juga : Daftar Anggota DPR, DPD dari Kepri dan DPRD Kota Batam Terpilih

Parlin mengatakan, pihaknya juga akan mengundang KPU dari daerah lain untuk ikut menyaksikan acara peluncuran maskot Pilkada 2020 tersebut.

Sementara itu, Ketua KPU Kepri Sri Wati mengatakan, Pilkada 2020 akan dilaksanakan pada 23 Seotember 2020. Ia berharap media massa ikut mensosialisasikan tahapan pilkada serentak ini kepada masyarakat luas.

Ia menyebutkan, tahapan Pilkada 2020 di Kepri sudah berjalan sejak awal Oktober 2019 yang dimulai dengan pleno penetapan syarat dukungan untuk calon perseorangan.

*****

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here