Home Nusantara Kota Blitar Kembali Toreh Prestasi Swasti Saba Wistara, Indikatornya Berkat Partisipasi Masyarakat...

Kota Blitar Kembali Toreh Prestasi Swasti Saba Wistara, Indikatornya Berkat Partisipasi Masyarakat dan Dukungan DBHCHT

Wali Kota Blitar
Wali Kota Blitar, Tjutjuk Sunario (tengah, depan). foto : istimewa
Himbauan Pemprov Kepri

Ikuti kami di Google Berita

Barakata.id, Blitar (Jatim) – Alokasi Dana Bagi Hasil Cukai dan Hasil Tembakau (DBHCHT) sangat membantu mewujudkan kota sehat. Salah satunya yaitu untuk membayar iuran BPJS warga Kota Blitar. Sehingga, Kota Blitar dinobatkan sebagai salah satu Kabupaten/Kota Sehat di Indonesia. 

Hal ini disampaikan Wakil Wali Kota Blitar Tjutjuk Sunario usai menghadiri penobatan penghargaan Swasti Saba Wistara tingkat Nasional 2021 yang digelar secara virtual oleh Wakil Menteri Kesehatan RI, Dante Saksono Harbuwono, dalam ajang Penganugerahan Kabupaten/Kota Sehat beberapa hari yang lalu di ruang Integrated System Center Dinas Kominfotik, kota Blitar.

Kepada wartawan, Tjutjuk mengatakan bahwa Kota Sehat merupakan penghargaan yang diberikan kepada pemerintah kota/kabupaten yang telah memberikan banyak kontribusi dan komitmen besar terhadap tujuan pembangunan kesehatan.

Baca juga : RSUD Mardi Waluyo Blitar, Manfaatkan DBHCHT Untuk Pembelian Mesin X-Ray Pasien Covid-19

Adapun 7 indikator penyelenggaran kabupaten/kota sehat meliputi, kawasan Pemukiman sarana dan prasarana umum, kawasan sarana lalu lintas tertib dan pelayanan transportasi, kawasan industri dan perkantoran sehat, kawasan pariwisata sehat, ketahanan pangan dan gizi, kehidupan masyarakat sehat yang mandiri, dan kehidupan sosial yang sehat.

“Penghargaan Swasti Saba Wistara yang diraih ini bukanlah keberhasilan pemerintah daerah saja, tetapi juga prestasi masyarakat Kota Blitar. Tanpa dukungan masyarakat, Pemkot Blitar pasti tidak akan mampu mewujudkan kota sehat,” kata Tjutjuk, kala itu.

Untuk itu, pihaknya merasa bersyukur dan mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Kesehatan yang telah memberikan penghargaan tertinggi untuk seluruh masyarakat kota Blitar.

Baca juga : Disparbud Kota Blitar Alokasikan DBHCHT Untuk Gempur Peredaran Rokok Ilegal

Menurutnya, keberhasilan ini bukanlah milik Kepala Daerah saja tetapi juga berkat partisipasi seluruh warga masyarakat yang selalu menjaga pola hidup sehat.

“Dengan penghargaan ini, kami mengedukasi masyarakat untuk selalu hidup sehat, apalagi Kota Blitar sukses menjalankan uji coba New Normal. Ini apresiasi untuk masyarakat juga, yang selalu menjaga perilaku protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19,” pungkas Wawali Kota Blitar. (Adv/jun)

SebelumnyaPansus Greenfields DPRD Kabupaten Blitar Terbentuk, Apa Nanti Rekomendasinya Ya?
SelanjutnyaMubaligh di Batam Didorong Menjadi Pengusaha

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin