Home Nusantara Asahan

Kini, Rekam dan Cetak KTP Bisa di Kantor Camat Pulau Rakyat

Kantor Camat Pulau Rakyat

Barakata.id, Asahan (Sumut) – Bupati Surya mengimbau masyarakat Kecamatan Pulau Rakyat, Bandar Pulau, Aek Ledong, Rahuning, Aek Songsongan dan Aek Kuasa memanfaatkan pengurusan Administrasi Kependudukan (Adminduk) secara langsung dan tanpa dipungut biaya di Kantor Camat Pulau Rakyat.

Hal tersebut disampaikan Surya dalam acara Launching Adminduk yang digelar di Kantor Camat Pulau Rakyat, Asahan, Sumatera Utara, sedangkan jenis layanan Adminduk yang dilaunching hari ini meliputi pengurusan Kartu Keluarga, Akte Kelahiran, Perekaman KTP-el dan Pencetakan KTP-el.

Baca Juga : Bupati dan Wabup Asahan Sidak Pelayanan Masyarakat

“Masyarakat yang ada di 6 Kecamatan ini tak perlu lagi menempuh jarak yang jauh ke ibukota Kabupaten Asahan di Kisaran, saat ini sudah bisa dilakukan di Kantor Camat Pulau Rakyat,” ujar Surya, Jum’at (263/2021).

Launching Adminduk dilaksanakan untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya dokumen kependudukan atau manfaat data kependudukan sesuai dengan tujuan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA) yang telah dicanangkan Pemerintah Pusat.

Dokumen kependudukan memberikan keabsahan identitas dan kepastian yang merupakan bentuk perlindungan negara terhadap status hak sipil penduduk serta memberikan manfaat bagi kepentingan administrasi dan pelayanan publik lainnya.

“Dokumen kependudukan sangat dibutuhkan penduduk disemua strata sosial karena merupakan awal dan salah satu persyaratan untuk pengurusan pelayanan publik lainnya,” ujar Surya.

Baca Juga : Jelang Pendataan Keluarga Serentak, Pemkab Asahan Gelar Sosialisasi

Pelayanan Adminduk yang dilaunching pada hari ini rencananya secara bertahap juga akan dilaksanakan di Kecamatan lainnya sehingga pelayanan yang dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan benar benar dapat menyentuh harapan masyarakat.

Selain Launching Adminduk, pada acara tersebut juga dilakukan penyerahan secara simbolis 4719 Kartu Identitas Anak oleh Ketua TP. PKK Kabupaten Asahan Ny. Hj Titiek Sugiharti Surya dan Wakil Ketua TP. PKK Ny. Yusnila Indriati Taufik ZA.

Penulis : Mario Agusno

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin