Home Kepulauan Riau Karimun Ketua PKK Kepri Dorong CSR Perusahaan Bangun Ekonomi Kreatif di Karimun

Ketua PKK Kepri Dorong CSR Perusahaan Bangun Ekonomi Kreatif di Karimun

Ketua PKK Kepri
Ketua TP PKK Kepri, Dewi Komalasari berkunjung ke salah satu pelaku ekonomi kreatif di Tanjungbalai Karimun, Karimun, Rabu (17/3/21). (F: barakata.id/ist)
Himbauan Pemprov Kepri

Ikuti kami di Google Berita

Barakata.id, Karimun – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Provinsi Kepri, Dewi Komalasari mendorong perusahaan memanfaatkan dana CSR (corporate social responsibility) untuk pengembangan ekonomi kreatif.

Menurut Dewi, pemanfaatan dana CSR itu bisa menjadi stimulus bagi para pelaku usaha kreatif untuk terus berkarya dan berproduksi. Hal itu disampaikannya saat mengunjungi store Dekranasda dan Rumah Kreatif Kabupaten Karimun, Rabu (17/8/21) lalu.

Dalam konsolidasi tersebut, Dewi juga melantik TP PKK Kabupaten Karimun dan BKMT se-Kabupaten Karimun. Pada kesempatan itu, Dewi Komalasari mengatakan kunjungan ini merupakan upaya konsolidasi untuk menggiatkan program pembangunan dengan rencana Pemprov Kepri.

BACA JUGA : Selamat! Marlin Jadi Ketua TP PKK Batam Lagi

“Saya sangat senang bertemu langsung dengan ibu-ibu di Kabupaten Karimun. Sambutannya juga sangat luar biasa, penuh semangat positif untuk memajukan para ibu dan ekonomi kreatif,” katanya dilansir kepriprov.go.id, Jumat (19/3/21).

Usai bersilahturahmi dengan BKMT se-Kabupaten Karimun, Ketua TP PKK Kepri didampingi Ketua Dekranasda Kabupaten Karimun Raja Azmah Aunur Rafiq dan Kepala Dinas Pariwisata Karimun beranjak menuju lokasi store Dekranasda.

Dewi melihat sejumlah produk hasil kerajinan produksi asli lokal berbahan baku sumber daya alam khas daerah Karimun.

Beberapa produk unggulan yang ditampilkan seperti lukisan atau hiasan dinding yang terbuat dari sulaman emas maupun ukiran kayu.

Seperti hiasan dinding tersebut juga memiliki nilai seni yang tinggi sehingga tak salah jika nilai jual belinya juga tinggi mulai Rp2 juta hingga Rp7 juta per unitnya.

Kendati begitu, Raja Azmah juga menyampaikan kendala dalam hal pemasaran produk, sehingga keberlangsungan kreatifitas para pengrajin juga jadi terhambat.

”Dari setiap pengunjung yang datang langsung, pembeli ada, namun tidak konsisten sehingga omset dari para pengrajin belum menunjang bagi kelangsungan usaha mereka.” Kata Raja Azmah.

BACA JUGA : Minum Es Apolo Tepi Jalan, Cara Ansar Ahmad Bantu Eksistensi UMKM

Menanggapi hal tersebut, Dewi berjanji akan berupaya mencari solusinya, terutama dalam pemasaran sehingga ke depan para pengrajin bisa bersemangat kembali.

“Salah satunya mungkin bisa melalui dana corporate social responsibility atau CSR yang bisa dijadikan stimulus agar bisa meningkatkan pembinaan memberikan stimulus para pengrajin,” ujarnya.

Selain berkunjung ke store Dekranasda Kabupaten Karimun, Ketua TP PKK Provinsi Kepri, Dewi Komalasari dan rombongan kemudian melanjutkan kunjungan ke Rumah Kreatif di kawasan Coastal Area yang kini berganti nama menjadi Rumah BUMN. Lokasi ini dijadikan sebagai pusat pembinaan dan pengembangan UMKM di Karimun.

Tak jauh berbeda dengan store Dekranasda, di Rumah BUMN yang diketuai oleh Frengky sebagai penanggungjawab juga ditampilkan sejumlah produk kerajinan dan makanan olahan asli masyarakat tempatan.

*****

Editor : YB Trisna

SebelumnyaTinjau Jembatan Batam-Bintan, Luhut Minta Dibuatkan Studi Ekonominya
SelanjutnyaDPW LSM LIRA Kepri Periode 2021- 2025 Siap Dukung TNI – Polri Terciptanya Kamtibmas

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin