Home Kepulauan Riau Batam Ketua DPRD Batam: Jadikan Hari Kemerdekaan Momentum Persatuan Hadapi Pandemi

Ketua DPRD Batam: Jadikan Hari Kemerdekaan Momentum Persatuan Hadapi Pandemi

27
Ketua DPRD Batam
Ketua DPRD Batam, Nuryanto (F: Iman Suryanto/IDNNews)
Himbauan Pemprov Kepri

Ikuti kami di Google Berita

Barakata.id, Batam – Ketua DPRD Kota Batam, Nuryanto menilai peringatan Hari Kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia tahun ini menjadi momentum bagi semua pihak untuk bersatu menghadapi pandemi Covid-19. Meski peringatan kali ini tak semarak karena larangan berkerumun, hal itu tak mengurangi maknanya.

Nuryanto mengatakan, perayaan hari ulang tahun Indonesia tahun ini hampir sama dengan tahun sebelumnya dimana bangsa ini masih dilanda keprihatinan lantaran wabah virus corona berkepanjangan.


Menurut pria yang akrab disapa Cak Nur itu, perayaan Hari Kemerdekaan tetap menjadi momentum tepat bagi segenap komponen anak bangsa untuk meningkatkan spirit persatuan dan kesatuan, apapun kondisinya.

Pandemi global yang dialami bangsa ini selama dua tahun telah memberikan pelajaran dan pengaruh yang sangat siginifikan dalam semua dimensi kehidupan, sehingga yang diperlukan adalah semangat bersama untuk menyudahinya.

“Justru dalam keadaan seperti ini, dapat kita jadikan momentum semangat persatuan dan kesatuan, sehingga musuh ini dapat kita taklukkan. Segenap komponen harus bersatu, baik secara nasional maupun pada tatanan lokal,” kata Cak Nur seperti dikutip IDNNews.com, kemarin.

BACA JUGA : Ketua DPRD Batam Ajak Masyarakat Ikuti Aturan PPKM Darurat

Kendati perayaan Hari Kemerdekaan kali ini tidak bisa dirayakan secara meriah, sebagai refleksi kegembiran karena bangsa ini telah bebas dari penjajahan, Nuryanto ingin agar masyarakat luas dapat mengambil sejarah spirit perjuangan itu dalam menghadapi musuh bersama.

“Jika dahulu yang dihadapi adalah bangsa penjajah, kini musuh itu adalah wabah Covid-19,” ujarnya.

“Kita gambarkan seolah-olah kita disatukan oleh Covid-19. Maka dengan semangat atau spirit ini, mari kita bersama, bersatu bersinergi baik para unsur pemimpin daerah, tokoh agama, tokoh masyarakat dan semua komponen yang ada, sama-sama berjuang untuk keluar dari pandemi ini,” sambung legislator dari PDI Perjuangan itu.

Menurut dia, cara yang dapat dilakukan oleh masyarakat adalah dengan menaati semua aturan yang telah diibuat oleh pemerintah baik pusat dan daerah, salah satunya adalah vaksinasi dan penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Nuryanto menilai, apa yang sudah dilakukan oleh jajaran Pemerintah Daerah dalam upaya menanganan penyebaran Covid-19 telah sesuai dengan aturan yang dibuat oleh pusat. Meski kendala tetap ada, namun semua proses telah dilaksanakan secara maksimal.

“Misalnya, sebelum ini masih ada keraguan dari masyarakat terhadap vaksin Cov-19, kini berkat kegigihan dan kesabaran tim di daerah dalam memberikan sosialisasi dan pemahanan kepada masyarakat, akhirnya target 70 persen warga Batam mendapat vaksin, hampir rampung terlaksana,” ujarnya.

Cak Nur berharap momentum peringatan Hari Kemerdekaan tahun ini semua elemen masyarakat Kota Batam dapat kembali mengkristalkan spirit persatuan dan semangat juang dalam menghadapi pandemi. Di antaranya dengan menumbuhkan kesadaran kolektif untuk melaksanakan Protokol Kesahatan 5 M (mencuci tangan, menjaga jarak, memakai masker, menjauhi kerumunan, dan mengurang mobilitas).

*****

Editor : YB Trisna

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin