Home Kepulauan Riau Kepri Smart Province Terapkan Scan Barcode, Lebih Hemat dan Aman

Kepri Smart Province Terapkan Scan Barcode, Lebih Hemat dan Aman

Kepri Smart Province
KSP Diskominfo Kepri menerapkan inovasi teknologi scan barcode. (F: barakata.id/ist)
Himbauan Pemprov Kepri

Ikuti kami di Google Berita

Barakata.id, Tanjungpinang – Kepri Smart Province (KSP) Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) meluncurkan inovasi scan barcode untuk pelayanan publik. Inovasi ini berkaitan dengan proses pendaftaran tamu yang masuk ke kantor tersebut.

Kepala Dinas Kominfo Kepri, Zulhendri, melalui Kepala Bidang Pengelolaan Komunikasi Publik, Iskandar Zulkarnaen Nasution mengatakan, penerapan teknologi scan barcode yang dilakukan Kepri Smart Province Kepri merupakan tindak lanjut arahan Gubernur Kepri, Ansar Ahmad.

Ansar meminta seluruh jajaran di Pemprov Kepri agar terus melakukan inovasi atau terobosan baru Demi memudahkan pelayanan kepada masyarakat Kepri.

BACA JUGA : KSP Kepri Gelar Syukuran Pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur

“Sebelumnya kita sudah punya aplikasi pendaftaran masuk dengan sistem touch screen. Namun karena pandemi Covid-19, aplikasi tersebut kita hentikan sementara,” ujar Iskandar kepada barakata.id, Senin (1/3/21).

“Sesuai arahan Pak Kadis, tahun 2021 pelayanan KSP kembali dibuka. Untuk itu kita membuat inovasi pelayanan pendaftaran tamu melalui scan barcode,” sambung Iskandar.

Ia menjelaskan, scan barcode ini akan terhubung dengan server cloud yang dikelola oleh perusahaan terkemuka dan gratis.

Dengan demikian, selain tidak menghabiskan anggaran atau leboh hemat, keamanan data tamu juga bisa terkawal dengan lebih baik.

“Kita mulai membuka layanan di KSP sebagaimana tahun 2019 lalu, sebelum pandemi muncul di 2020. Karena layanan harus bersifat touchless atau menghindari persentuhan, semua harus online base dalam digital platform,” tegas Iskandar.

Inovasi ini diharapkan dapat meyakinkan masyarakat bahwa KSP dalam melakukan pelayanan senantiasa mengedepankan protokol kesehatan.

BACA JUGA : Kominfo Lacak Pembuat Akun Facebook dan Whatsapp Palsu Istri Gubernur Kepri

Iskandar mengatakan, hingga hari ini ada sekitar 88 orang pengunjung secara fisik di KSP dan mengadakan kegiatan. Rinciannya di Januari ada 29 orang dan Februari ada 59 orang.

“Terakhir adalah forum koperasi wanita yang mengadakan Rapat menggunakan platform Zoom Meeting di akhir Februari,” kata dia.

Untuk diketahui, KSP yang dikelola Dinas Kominfo Kepri beralamat di jalan Basuki Rahmat no 1 Kota Tanjungpinang, tepatnya di aula Kantor Gubernur Kepri yang lama.

*****

Editor : YB Trisna

SebelumnyaPP 35/2021 Diterbitkan, Karyawan Kontrak Semakin Tertekan
SelanjutnyaWujudkan Asahan Sejahtera, Surya Sampaikan 10 Program Prioritas Pemerintahannya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin