Home Kepulauan Riau

Kepri Provinsi Terbaik di Sumatera untuk Pengisian Profil Desa dan Kelurahan

Provinsi Kepri
Kepri meraih penghargaan sebagai provinsi terbaik dalam pengisian data profil desa dan kelurahan (prodeskel) untuk wilayah regional 1 (Sumatera). (F: Diskominfo Kepri)

Barakata.id, Tanjungpinang – Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) meraih penghargaan sebagai provinsi terbaik dalam pengisian data profil desa dan kelurahan (prodeskel) untuk wilayah regional 1 (Sumatera). Kepri dinilai berhasil membina kabupatan dan kota dan sukses mendapat nilai capaian 96,67%.

Pemberian pengharaan dilaksanakan pada Rakernis Evaluasi Perkembangan Desa/Kelurahan tahun 2021 di Hotel Fave Jakarta, Selasa (23/3/21). Penghargaan diserahkan Dirjen Bina Pemerintahan Desa Dr Yusharto Huntoyungo MPd melalui Seketaris Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Muhamad Rizal SE MSi.

Selain Kepri, ada tiga provinsi lain di Indonesia yang menerima penghargaan sama. Yakni Provinsi Bali untuk Regional 2, Provinsi Gorontalo untuk Regional 3, dan Provinsi Nusa Tenggara Barat untuk Regional 4.

BACA JUGA : Ansar Ahmad Ingin Banyak Desa Kuat di Kepri

Kepala Dinas PMD Dukcapil Kepri, Sardison MTP mengatakan, penghargaan ini patut dibanggakan karena proses pendataan yang dihadapkan dengan berbagai tantangan dan keterbatasan infrastruktur.

“Rasa bangga ini didedikasikan kepada seluruh Lurah dan Kepala Desa se Kepri dan Kabupaten Kota yang sudah mampu memenuhi harapan pemerintah dalam pengisian profil desa dan Kelurahan (prodeskel),” ucap Sardison, Rabu (24/3/21) dilansir dari kominfo.kerpriprov.go.id.

Untuk diketahui, setiap desa dan kelurahan wajib mengisi data profil desa setiap tahun. Profil Desa menggambarkan keadaan desa secara utuh dan menyeluruh yang dapat dijadikan sebagai tolok ukur perkembangan kemajuan Desa dan Kelurahan.

BACA JUGA : Anggaran Dana Desa 2021 Disiapkan Rp72 Triliun

Profil Desa dan Keluarahan ini digunakan untuk mendukung kebijakan pemerintah, membantu pelaksanan otonomi daerah, membantu pihak swasta untuk berpartisifasi dalam pemabangunan.

Profil juga dijadikan sebagai dasar menentukan anggaran dan prioritas pembangunan, sebagai penentu lokasi industri, pengembangan sumberdaya manusia, sebagai data potensi politik, kebutuhan data kependudukan.

Selain itu, profil desa dan kelurahan ini juga menjadi basis data pelaksanaan pemilihan kepala desa, Pilkada, maupun Pemilu.

*****

Editor : YB Trisna

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin