Home Kepulauan Riau

Kepri Optimistis Akan Dikunjungi 3 Juta Wisman

30
Wisman di Bintan
Foto Ilustrasi. Wisman asal Singapura menikmati liburan di pantai Kabupaten Bintan, Kepri, beberapa waktu lalu. Wisatawan nekat di masa new normal dapat memicu gelombang dua pandemi Covid-19.

Barakata.id, Batam – Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) optimistis akan ada 3 juta wisatawan mancanegara (wisman) yang berkunjung ke daerah itu sepanjang tahun ini. Keyakinan itu didasari oleh tren kunjungan wisman ke Kepri yang terus meningkat dari tahun ke tahun.

Dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah daerah (RPJMD) Provinsi Kepri, jumlah kunjungan wisman untuk tahun 2020 ditargetkan sebanyak 2,4 juta wisman. Untuk pintu masuk utama, saat ini daerah andalan yang paling banyak mendatangkan turis asing adalah Kota Batam, kabupaten Bintan dan Kabupaten Karimun.

Baca Juga :
Batam Penyumbang Kunjungan Wisman Terbesar di Kepri, Turis Singapura Mendominasi

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kepri, Buralimar bahkan percaya Kepri mampu mendatangkan wisman hingga 3,3 juta kunjungan. Menurut dia, tren peningkatan kunjungan wisman bisa dijadian acuan.

“Tahun 2019 saja sudah 2,9 juta kunjungan, itu melampaui target. Jadi menurut saya tahun ini bisa sampai 3,3 juta kunjungan,” katanya di Batam, Minggu (19/1/20).

Karena angka kunjungan wisman yang selalu melewati target, lanjut Buralimar, Pemprov Kepri pun berencana merivisi target kunjungan turis asing dalam RPJMD yang terlalu rendah. Menurut dia, bagusnya angka kunjungan turis ke Kepri tak lepas dari agresifitas promosi yang dilakukan pemerintah dan pihak swasta.

“Ditambah lagi dukungan promosi dan kegiatan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Promosi wisata Kepri cukup bagus. Ditambah dengan banyaknya event skala internasional, sangat membantu,” katanya.

Baca Juga :
Batam Kembangkan Distinasi Wisata Budaya dan Religi

Karena itu, lanjut Buralimar, pihaknya juga mendorong pemerintah kota dan kabupaten di Kepri agar terus melakukan pengembangan destinasi wisata, termasuk membangun distinasi baru untuk menarik minat pelancong asing.

“Harus ada pembaharuan, ciptakan sesuatu yang baru agar turis tidak bosan,” kata matan Kepala Dispar Kota Batam ini.

Kepri menjadi salah satu daerah penyumbang terbesar kunjungan wisman ke Indonesia setelah Jakarta dan Bali. Hal itu tak lepas dari letak geografis Kepri yang sangat strategis.

Kepri berada pada pintu masuk Selat Malaka dari sebelah Timur, juga berbatasan dengan pusat bisnis dan keuangan di Asia Pasifik yakni Singapura. Disamping itu Provinsi ini juga berbatasan langsung dengan Malaysia.

*****

Penulis : Ali Mhd

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin