Beranda Urban Ekonomi

Kepala BP Optimistis Ekonomi Batam Lewati 7 Persen

11
0
Investasi di Bintan
Kepala BP Batam, Muhammad Rudi
- Advertisement -
DPRD Batam

Barakata.id, Batam – Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, Muhammad Rudi optimistis ekonomi Batam bakal melampuai angka 7 persen di tahun 2024. Untuk mencapainya, seluruh potensi daerah akan dioptimalkan.

Rudi memproyeksikan ekonomi Batam tahun ini mampu mencapai 7,5 persen. Keyakinan itu tak terlepas dari kebangkitan beberapa industri, khususnya di bidang jasa dan manufaktur.

- Advertisement -

Kedua sektor tersebut menjadi yang paling dominan dalam penyerapan tenaga kerja dari banyak sektor industri yang ada.

BACA JUGA : Transformasi Pelabuhan, Perkuat Nadi Ekonomi Menuju Batam Kota Baru

Dimana, sektor jasa menyerap hampir 52,63 persen dan manufaktur mencapai 44,07 persen menurut laporan Badan Pusat Statistik (BPS) Batam pada pertengahan tahun 2023 lalu.

“Kolaborasi yang baik dari seluruh pihak tentu sangat diperlukan dalam menggerakkan ekonomi Batam. Sehingga, investasi bisa terus berjalan maksimal,” ujar pria yang juga Wali Kota Batam itu, kemarin.

BACA JUGA : Sektor Jasa dan Manufaktur Paling Banyak Serap Tenaga Kerja di Batam

Di samping itu, lanjut Rudi, pihaknya juga terus berusaha untuk mengoptimalkan kebutuhan akan infrastuktur dasar guna mendukung pesatnya industri di Batam.

Beberapa di antaranya adalah pengoptimalan kebutuhan air, listirik, jalan, serta sarana dan prasarana seperti pelabuhan maupun bandara.

“Yang paling penting lagi adalah dengan memberikan kepastian hukum dalam perizinan berusaha. Saya ingin seluruh pihak juga meningkatkan kualitas pelayanan agar investor nyaman sehingga produksi terus berjalan,” pungkasnya. (gam)

- Advertisement -