Home Nusantara

Kementan dan Anggota Komisi IV DPR RI Endro Hermono Serahkan Bantuan Alsintan kepada Poktan Kabupaten Blitar

27
Penyerahan Alsintan oleh DPR RI
Penyerahan Alsintan. (foto: achmad/barakata.id)

Barakata.id, Blitar (Jatim) –  Direktorat Jendral Sarana dan Prasarana Kementrian Pertanian Republik Indonesia bersama anggota Komisi IV DPR RI, Endro Hermono, menyalurkan bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan) untuk sejumlah kelompok tani (poktan) di Kabupaten Blitar guna mendukung pertanian melalui upaya mekanisasi di wilayah tersebut.

Penyerahan dilaksanakan di kantor Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Blitar, Kota Blitar, yang secara simbolis diserahkan oleh kepala bidang (Kabid) Sarana dan Prasarana Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Blitar, Matsafi’i, dan Tenaga Ahli Anggota DPR RI Endro Hermono, Fredy Agung Kurniawan.

Dalam kesempatannya Fredy meminta kepada Poktan penerima bantuan alsintan supaya merawat, menjaga dan mempergunakan alat tersebut untuk kepentingan kelompok. Sehingga, dapat bermanfaat dan bisa menggenjot produktivitas menjadi efektif dan lebih efisien.

“Perkembangan teknologi tidak bisa dipungkiri. Untuk itu, dengan alsintan yang sudah kita upayakan ini melalui Kemenpan, mudah-mudahan dapat meningkatkan produktivitas hasil panen, dan juga dapat meningkatkan ekonomi petani,” ujarnya di hadapan Poktan Kabupaten Blitar, Jumat (16/9/2022).

Menurut Fredy, bantuan ini merupakan sarana pendekatan anggota legislatif kepada masyarakat, khususnya petani. Sehingga, aspirasi yang disampaikannya menjadi tanggungjawab moral terhadap konstituen.

Sementara itu, Joko, salah Poktan penerima bantuan alsintan mengucapkan terimakasih kepada Kementan dan Bapak Endro Hermono yang telah membantu mengusahakan alat pertanian tersebut.

Menurutnya, alsintan membuat waktu dalam proses pertanian pun menjadi jauh lebih cepat. Jika dahulu proses pengolahan lahan dilakukan berhari-hari dengan melibatkan banyak orang, dengan alsintan jenis traktor roda 4 maupun roda 2 pekerjaan cukup dilakukan oleh satu orang. “Dengan alsintan jenis traktor roda 4 dan 2, penggarapan lahan bisa dilakukan oleh satu orang dengan waktu beberapa jam. Alsintan bisa digunakan petani dalam proses pertanian dari hulu sampai hilir. Dari olah lahan, tanam, panen, hingga pascapanen,” tukasnya. (jun)

Dapatkan update berita setiap hari di Barakata.id. Yok! bergabung di Grup Telegram "KATA BARAKATA", caranya klik link https://t.me/SAHABATKATA, kemudian join. Juga ikuti Barakata.id di Google Berita. Lihat selengkapnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin