Home Jelajah Jalan-Jalan

Kemenpar Bawa 8 Travel Agen Cina Keliling Batam-Bintan

72
Wisman di Bintan
Foto Ilustrasi. Wisman asal Singapura menikmati liburan di pantai Kabupaten Bintan, Kepri, beberapa waktu lalu. Wisatawan nekat di masa new normal dapat memicu gelombang dua pandemi Covid-19.

Batam – Kementerian Pariwisata (Kemenpar) mengajak delapan travel agen berkeliling ke Pulau Batam dan Bintan, Kepulauan Riau (Kepri). Delapan agen perjalanan itu bakal mengikuti famtrip pada 28 Mei sampai 1 Juni nanti.

Kegiatan itu merupakan bagian dari strategi Kemenpar untuk menarik wisatawan mancanegara asal negeri Tirai Bambu ke Indonesia.

Mengapa Kemenpar memilih Batam dan Bintan dibanding daerah lain di Indonesia? Menurut Menteri Pariwisata, Batam dan Bintan termasuk tiga greater atau daerah penyumbang wisman terbesar bagi Indonesia masa kini.

“Yang pertama Bali, kedua Jakarta, dan ketiga Batam-Bintan,” kata Arief dalam keterangan tertulisnya, Minggu (26/5/19).

“Ibaratnya pariwisata itu celana. Maka kantong kanan adalah Bali, kantong kiri Jakarta, kantong belakang Bintan Batam di Kepri,” kata dia.

Menurut Arief, pesona dua daerah di Provinsi Kepri itu bukan hanya dikagumi turis domestik tapi sudah mendunia. Sebagai wilayah kepulauan, Kepri terutama Batam dan Bintan punya segalanya soal keindahan bahari.

Batam dan Bintan juga kaya akan kegiatan atau atraksi wisata, baik itu kebudayaan, belanja, kuliner hingga olahraga. Arief bilang, atraksi wisata di Batam-Bintan banyak yang masuk top 20 dunia.

Arief lantas menyebutkan Nikoi. Pulau seluas 16,9 hektare yang berada sekitar 8 kilometer dari pantai timur Bintan itu dinobatkan sebagai The Best Private Island 2016 oleh Majalah Conde Nast Traveller.

“Reputasinya sudah kelas dunia,” ujar Arief.

Treasure Bay juga tak kalah fantastis. Sejak meluncurkan kolam renang seluas 6,3 hektare -k olam yang disebut sebagai yang terbesar di Asia Tenggara – dengan pemandangan menakjubkan kawasan Teluk Sebong

“Masih banyak lagi magnetnya. Kami akan pastikan seluruh travel agen terkemuka Cina dibuat terpesona saat famtrip nanti,” kata Nia Niscaya, Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Zona II Kemenpar.

Nia mengatakan, selama di Bintan, seluruh peserta famtrip akan diajak berpetualang ke destinasi Telaga Biru dan Gurun Pasir. Setelah itu, ada agenda menikmati Treasure Bay.

Ia yakin “para peserta akan gembira” dan membawa kegembiraan itu kembali ke negaranya untuk kemudian disebarkan.

Di Batam, lanjut Nia, ada Kepri Coral yang siap memanjakan mata. Peserta famtrip akan diajak ber-snorkling ria, menikmati keanekaragaman terumbu karang dan ikan warna warni yang luar baiy cantiknya..

“Itu tidak bisa ditemukan di Cina. Semua yang kami tawarkan akan menjadi pengalaman baru bagi mereka,” tambah Vinsensius Jemadu, Asdep Pengembangan Pemasaran II Regional I Kemenpar

Menurut dia, strategi promosi seperti ini yang dianggap paling efektif. Sebab, semua travel agen diajak mengenal destinasi.

Melihat dan merasakan langsung semua pesonanya. “Biarkan mereka melihat, menyentuh, merasa, mendengar dan menemukan langsung sensasi keajaiban alam dan budaya di Batam dan Bintan,” ujarnya.

*****

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin