Home Kepulauan Riau

Kembangkan Potensi Remaja, INSANI Siapkan Wadah Pembinaan Bakat Mulai dari Kelurahan

INSANI
Calon Gubernur Kepri, Isdianto menegaskan siap membina dan mengembangkan minat bakat generasi muda di Kepri.

Barakata.id, Tanjungpinang – Pasangan INSANI (Isdianto-Suryani), calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri nomor urut 2 akan menyiapkan wadah pengembangan bakat dan keterampilan para remaja mulai dari tingkat kelurahan. Wadah tersebut akan bermanfaat untuk mengatasi kenakalan remaja di Kepri.

Hal itu disampaikan Isdianto saat bersilaturahmi dengan warga Teladan, Kecamatan Tanjungpinang Barat, Kota Tanjungpinang, Jumat (6/11/20).

Pada kesempatan itu, pasangan INSANI mendapat saran dari warga setempat agar menyediakan sarana dan prasarana khusus bagi generasi muda terutama kaum remaja agar dapat mengembangkan minat dan bakat mereka.

Dengan adanya wadah itu, diharapkan generasi muda Kepri dapat terhindar dari perbuatan negatif.

“Selama ini, banyak anak-anak remaja kita yang sering menghabiskan waktu tanpa manfaat. Mereka berkumpul hingga larut malam, misalnya di Jembatan Dompak maupun fi tempat-tempat lain,” kata Nurun Nufus, tokoh masyarakat setempat.

Baca Juga :

Menurut dia, akhir-akhir ini pola pergaulan remaja khususnya di Kota Tanjungpinang semakin mengkhawatirkan.

“Banyak remaja yang sukanya balap liar di jalan umum. Itu sangat membahayakan, bukan hanya bagi diri mereka tapi orang lain. Orangtuanya pun tentu sangat khawatir kalau sampai terjadi sesuatu yang buruk,” ujarnya.

“Karena itu, Pak, kami berharap saat Bapak Isdianto dan Ibu Suryani menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri nanti, bisa menyediakan wadah bagi anak-anak kita agar mereka bisa mengembangkan minat dan bakatnya,” kata dia.

Robby Fauzan, seorang remaja warga setempat mengakui bahwa selama ini ia bersama teman-temannya leboh sering ‘nongkrong’ tanpa berbuat apapun selain menghabiskan waktu. Menurutnya, hal itu mereka lakukan karena bingung mau melakukan apa.

Robby mengatakan, pemerintah masih kurang memperhatikan pengembangan minat dan bakat remaja. Kalaupun ada wadahnya, itu harus bayar, sementara tidak semua remaja sanggup membayar.

“Ada sih tempat untuk mengembangkan bakat, tapi itu harus bayar setiap bulan, kami kan tak semuanya mampu bayar, Pak. Karena itu, kami berharap Pak Isdianto dan Bu Suryani nanti bisa memperhatikan kami, para remaja ini agar bisa juga mengembangkan bakat kami, Pak,” katanya.

Baca Juga :

Robby juga berharap Isdianto-Suryani bisa merangkul anak-anak muda di Kepri, kemudian membina serta mengangkat prestasi mereka sesuai dengan minat dan bakat.

Jika hal itu bisa dilakukan, Robby yakin Kepri akan lebih maju dan terkenal di Tanah Air, karena jiwa anak-anak muda lebih dinamis dan semangat dalam mengejar prestasi.

Masuk program kerja INSANI

Isdianto-Suryani
Pasangan Isdianto-Suryani di rapat paripurna isttimewa penyampaian visi dan misi calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri, Dompak, Tanjungpinang, Senin (12/10/20). (F: barakata.id/istimewa)

Merespon sejumlah saran dari warga tersebut, calon Gubernur Kepri nomor urut 2, Isdianto mengatakan, pengentasan prestasi remaja dan generasi muda di Kepri juga merupakan bagian dari program kerja pasangan INSANI jika nantinya dipercaya masyarakat untuk memimpin Kepri.

“Kami sudah juga memikirkan masalah pengembangan bakat dan prestasi anak-anak kita. Sudah disusun programnya,” kata Isdianto.

Adik kandung Gubernur Kepri almarhum Muhammad Sani itu menegaskan, ia bersama Suryani telah merancang program pengembangan minat dan bakat para remaja mulai dari tingkat kelurahan.

Isdianto optimistis, program tersebut ke depannya juga akan bisa menekan tingkat kenakalan remaja di semua daerah di Kepri.

“Sudah kita rancang, nanti di setiap kelurahan akan dibuatkan wadah untuk pembinaan dan pengembangan bakat dari anak-anak kita. Bentuknya macam-macam, ada pelatihan juga,” kata dia.

“Jadi kalau ada anak-anak kita yang sukanya entrepreneur, akan kita arahkan dan latih sesuai minatnya. Begitu juga di bidang olahraga, akan kita kembangkan,” sambung mantan Kepala Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Kepri ini.

Baca Juga :

Isdianto mengatakan, wadah untuk pengembangan minat dan bakat anak-anak muda di Kepri termasuk juga pelatihan prakerja.

“Nanti yang sukanya otomotif misalnya, ada pelatihan perbengkelan, mesin dan sejenisnya. Kemudian pelatihan sepakbola dan olahraga lainnya. Tak lupa juga kita siapkan pelatihan dan pembinaan di bidang keagamaan seperti mengaji, termasuk marawis, lengkaplah,” kata Isdianto.

Yang paling penting, lanjut Isdianto, ia bersama Suryani akan bersungguh-sungguh membangun sektor pendidikan. Menurutnya, dengan pendidikan yang bagus, generasi muda Kepri akan tumbuh menjadi generasi unggul yang mampu bersaing dengan anak-anak dari daerah lain.

“Kalau generasi muda kita sudah unggul dan siap bersaing, tentu kita dapat mengandalkan mereka untuk membawa Kepri ini menjadi lebih maju lagi,” ujarnya.

Isdianto memastikan, INSANI menjadikan pembangunan sumber daya manusia sebagai prioritas kerja. Ia meyakinkan masyarakat Kepri bahwa di masa kepemimpinannya nanti, generasi muda di Kepri jangan sampai ada yang kehilangan arah tujuan.

“Kami tidak akan sia-siakan potensi yang dimiliki oleh setiap anak-anak kita. Kami percaya anak-anak kita itu mampu asalkan diberi ruang dan kesempatan. Insya allah kita akan terus membina dan mengembangkan potensi dari anak-anak kita,” pungkas Isdianto.

*****

Editor : YB Trisna

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin