Home Kepulauan Riau Batam

Kecamatan Batam Kota Juarai STQ VIII Kota Batam

Batam Kota Juarai STQ
Wakil Gubernur Kepri Marlin Agustina menyerahkan tropi dan hadiah kepada kafilah yang menjadi pemenang STQ Kota Batam, Sabtu (20/3/21) malam. (F: Humas Pemko Batam)

Barakata.id, Batam- Kafilah dari Kecamatan Batam Kota juarai STQ VIII tingkat Kota Batam. Kegiatan di Dataran Engku Putri Batam Centre tersebut resmi ditutup oleh Wali Kota Batam Muhammad Rudi, Sabtu (20/3/21) malam.

Batam Kota menjadi juara umum dengan nilai 40. Disususl Sagulung dengan nilai 38, kemudian Lubukbaja di urutan ketiga dengan nilai 21. Sementara urutan keempat ditempati Sekupang dengan nilai 20.

STQ tingkat Kota Batam dihelar selama lima hari. Mulai tanggal 16 hingga 20 Maret 2021. Ketua Umum Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kota Batam Amsakar Achmad mengatakan, STQ VIII Batam terlaksana dengan baik dan lancar.

Baca Juga:

Menurut Amsakar, dari tahun ke tahun secara kuantitas dan kualitas, pelaksanaan STQ menunjukkan peningkatan yang signifikan.

“Secara kuantitas peserta yang mengikuti STQ tahun ini mengalami peningkatan,” kata Amsakar.

Sementara secara kualitas, tahun ini nilai yang dicapai para peserta dari semua cabang menggembirakan. Rata-rata 90 ke atas. Dia yakin peningkatan kualitas qari dan wariah, hafiz dan hafizah serta mufasir Kota batam karena peran aktif semua pihak.

“Terutama peran aktif LPTQ Kota Batam, Quran Center dan guru-guru Al Quran ang tiap hari membina tanpa lelah,” ujarnya.

Terkait penilaian, Amsakar memastikan telah dilakukan dengan sangat transparan. Bahkan Dinas Komunikasi dan Informatika Batam menyediakan laman yang menayangkan penilaian saat lomba dilaksanakan.

Amsakar berharap kafilah Batam diisi peserta yang dapat diandalkan saat mengikuti STQ Kepri mendatang. Sehingga cita-cita Batam untuk menjadi juara umum STQ Kepri tercapai.

Sementara itu, Wali Kota Batam Muhamamd Rudi mengaku optimistis Batam akan merebut juara umum di STQ Kepri.

“Tadi ada laporan, para peserta mendapat nilai rata-rata 90. Kalau dewan hakimnya berstandar nasional, kita sudah bisa membaca siapa yang akan menjadi juara di tingkat provinsi nantinya,” ujar Rudi.

Rudi mengingatkan, Batam pernah menjadi juara umum di STQ Kepri di awal kepemimpinannya. Untuk itu dia meminta kali ini Batam kembali meraih juara umum.

Baca Juga:

“Saya berharap betul (bisa menjadi juara umum STQ Kepri). Kalau Batam bisa menjadi juara umum, maka akan diberikan hadiah tambahan satu kali lipat dari hadiah yang dianggarkan APBD,” katanya.

Bonus tambahan itu bertujuan untuk memacu semangat para peserta agar menyiapkan diri sebelum tampil di STQ Kepri yang akan digelar April mendatang. Dia berpesan agar menjelang bertanding di Kepri terus mengevaluasi apa yang kurang dan perlu dipersiapkan.

***

Editor: Asrul R

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin