Home Gaya

Kebiasaan Sederhana Ini Bikin Kulit Sehat, Simak Yuk!

23
Kebiasaan Sederhana Kulit Sehat
Ilustrasi. Kulit wajah yang sehat dipengaruhi oleh beberapa kebiasaan sederhana. (F: Freepik)

Barakata.id- Jarang disadari ada beberapa kebiasaan sederhana yang ternyata bikin kulit sehat, khususnya untuk kulit wajah. Tak perlu perawatan mahal, Anda cukup butuh ketelatenan dan melakukannya secara rutin.

Kebiasaan sederhana ini berhubungan dengan kebersihan. Oleh karena itu, jika ingin punya kulit sehat, Anda harus rajin menjaga kebersihan.

Apa saja kebiasaan sederhana itu? Dilansir dari Boldsky, ini dia beberapa kebiasaan-kebiasaan itu.

Baca Juga:
4 Kesalahan Merias Wajah yang Perlu Dihindari

1. Cuci tangan sebelum sentuh wajah

Ini kebiasaan yang mudah. Tapi kadang sulit diingat. Seringkali kita refleks menyentuh wajah. Baik untuk mengusapnya, atau menggaruknya. Padahal belum tentu tangan kita bersih.

Saat tangan kotor, kuman dan bakteri akan berpindah ke wajah. Kedua makhluk kecil ini dapat merusak kulit. Kuman dan bakteri ini akan membuat wajah jadi berminyak. Tak heran jerawat pun akan mudah tumbuh di sana.

Maka, pastikan Anda telah mencuci tangan saat menyentuh wajah. Baik saat mengaplikasikan make up atau bahkan hanya ingin menyeka keringat. Jika tak sempat mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun, Anda bisa menggunakan hand sanitizer.

2. Jangan mandi air panas

Air panas dapat mengikis kelembapan kulit. Jika kelembapan menghilang, maka kulit akan menjadi kering. Hal ini menyebabkan produksi minyak menjadi berlebihan. Ujung-ujungnya jerawat pun akan bermunculan.

Oleh karena itu hindarilah mandi dengan air panas. Pakai air dingin sebagai gantinya. Jika cuaca sedang tak memungkinkan mandi air dingin, Anda bisa menggantinya dengan air hangat. Namun, pastikan airnya tidak terlalu panas.

3. Jangan berbagai barang perawatan pribadi

Baca Juga:
7 Tips Cara Merias Mata untuk Pengguna Lensa Kontak atau Softlens

Hindari berbagi barang peralatan pribadi. Seperti alat rias, pisau cukur, handuk atau sabun. Kebiasaan itu tidak aman untuk kesehatan dan kebersihan kulit.

Berbagai barang memungkinkan infeksi menyebar dari satu orang ke orang lain. Oleh karena itu sebisa mungkin hindari untuk berbagi. Bukan pelit, tapi Anda memang harus memikirkan kesehatan diri sendiri. Jika kulit sudah rusak, toh Anda sendiri yang akan repot.

Tapi jika tak bisa lagi mengindar, cucilah dulu barang yang dipakai bersama itu sebelum Anda menggunakannya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin