Home Kepulauan Riau

Kebakaran di Galang, Kapolda Ikut Padamkan, Begini Pesannya

Kebakaran di Galang
Kapolda Kepri Irjen Aris Budiman ikut turun langsung mengecek kondisi hutan yang terbakar, Selasa (23/2/21). (F: Humas Polda Kepri)

Barakata.id, Batam- Kebakaran hutan terjadi lagi di Batam. Kali ini lokasi kebakaran di kawasan Pantai Tegar Bahari, Tanjungcakang, Galang.

Kebakaran tersebut sudah terjadi sejak Senin (22/2/21) siang hingga Selasa (23/2/21). Barulah pada Rabu (24/2/21) api benar-benar padam. Cuaca panas dan angin kencang membuat api mudah menyebar luas.

Kapolda Kepri Irjen Aris Budiman ikut turun langsung untuk mengecek keadaan dan ikut memadamkan api di lokasi kebakaran di Galang.

Baca Juga:

“Kebakaran ini cukup luas, ada lahan seluas kurang lebih 10 hektar terbakar,” kata Irjen Aris Budiman, dikutip dari keterangan tertulisnya, Rabu (24/2/21).

Aris mengatakan petugas pemadam kebakaran yang terdiri dari AWC Polresta Barelang, AWC Sat Brimbda Polda Kepri, Ditpam BP Batam dan Tim Manggala Agni sempat kewalahan. Sebab, beberapa titik api sulit dijangkau.

Hingga saat ini penyebab kebakaran masih diselidiki. Selain itu banyaknya kayu dan daun kering membuat api mudah menjalar.

Untuk mengantisipasi kebakaran, Aris berpesan kepada masyarakat agar tak membakar sampah atau lahan. Sebab saat ini cuaca setiap hari cukup terik, api pun menjadi cepat menyebar.

Aris juga meminta masyarakat untuk berpartisipasi memberitahu adanya titik api atau kebakaran. Sehingga jika kebakaran cepat dilaporka, petugas pun bisa bergegas memadamkan api.

Baca Juga:

“Jangan buang puntung rokok sembarang, bakar-bakar, segera padamkan apabila melihat titik api,” ungkapnya.

Aris mengatakan, sejak awal tahun kebakaran beberapa kali terjadi di Batam. Diantaranya di TPA Punggur, Hutan Kawasan Bandara Hang Nadim dan Galang.

Jajaran Polda Kepri pun selalu siap siaga. Setiap ada laporan kebakaran pasti akan ikut turun membantu pihak pemadam kebakaran.

***

Editor: Asrul R

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin