Home Kepulauan Riau Batam

Kasus Covid-19 di Batam Melonjak, Rudi Ajak Warga Disiplin

932
Covid-19 di Batam Melonjak
Wali Kota Batam sekaligus Kepala BP Batam Muhammad Rudi mengajak Warga disiplin menerapkan protokol kesehatan di tengah kasus pandemi Covid-19 di Batam yang meningkat. (F: Barakata.id/Humas BP Batam)

Barakata.id- Kasus Covid-19 di Batam melonjak, Wali Kota Batam Muhammad Rudi mengajak masyarakat untuk disiplin. Rudi yang juga Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam ini mengaku memberi kelonggaran kepada masyarakat dalam berkegiatan. Seperti berdagang dan berolahraga.

Namun, dia meminta masyarakat jangan menjadikan kelonggaran itu sebagai kesempatan untuk mengabaikan protokol kesehatan. Sehingga kasus Covid-19 di Batam tidak semakin melonjak.

“Ada tiga hal yang selalu saya titipkan. Pertama, lindungi diri kita dan orang lain dengan menggunakan masker. Kedua, jagalah jarak dengan orang lain saat beraktivitas di luar. Ketiga, jaga kebersihan dengan mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer,” ujarnya di sela-sela penyerahan sembako di Sekupang, Selasa (4/8/20).

Baca Juga:
Wali Kota Batam Dinyatakan Negatif Virus Corona

Jika masyarakat masih ragu dengan perlindungan diri tersebut, Rudi menyarankan untuk mengurangi aktivitas di luar rumah. Dalam kesempatan itu, Rudi menekankan perlunya pencegahan diri terhadap penyebaran Covid-19.

Rudi menyebut jumlah pasien positif Covid-19 di Batam kini telah mencapai 334 orang. Angka itu di luar jumlah ABK Kelud yang terkonfirmasi positif Covid-19.

“Kenapa angkanya besar sekali? Karena saat ini vaksin belum tersedia. Butuh waktu yang panjang. Pemerintah tidak akan bisa menyelesaikan, apabila masyarakatnya tidak disiplin,” ujarnya.

Rudi menambahkan, pihaknya tak akan menghapus kebijakan protokol kesehatan, terutama menjaga jarak fisik selama pandemi Covid-19 masih ada.

Baca Juga:
Dianggap Sukses Tangani Covid-19, Batam Dapat Rp14,9 Miliar dari Kemenkeu

Beberapa waktu lalu Rudi sempat menjalani pemeriksaan swab PCR Covid-19. Hasil yang yang diperolehnya negatif. Tes itu dilakukan setelah dia menghadiri upacara tepung tawar syukuran pelantikan Isdianto sebagai Gubernur Kepri di Kota Tanjungpinang. Gubernur Kepri telah dinyatakan positif Covid-19, beberapa hari yang lalu.

Sebelumnya, Gugus Tugas Covid-19 (GTC-19) Provinsi Kepulauan Riau mengimbau Rudi dan pihak lainnya yang mengikuti berbagai kegiatan Gubernur Isdianto segera melakukan tes swab untuk memastikan apakah tertular Covid-19 atau tidak.

****

Editor: Asrul R

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin