Home Warta

Kartu Nikah Digital Segera Diluncurkan, Akad Selesai Kartu Langsung Jadi

Kartu Nikah Digital
Ilustrasi (F: Pixabay)
Banner Pemprov Kepri

Barakata.id- Rencana kartu nikah digital saat ini sedang digodok oleh Kemeterian Agama (Kemenag). Layanan itu diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat yang telah menikah.

“Kartu tersebut bisa langsung didapatkan secara onlie setelah prosesi akad nikah selesai,” kata Direktur Bina KUA dan Keluarga Sakinah Kemenag, Muharam Marzuki, dikutip dari laman kemenag.go.id, Jumat (23/4/21).

Jadi kartu digital ini merupakan tambahan bukti pernikahan selain buku nikah. Pasangan pengantin tetap akan mendapatkan buku nikah seperti biasanya. Hanya saja, kartu nikah digital ini mudah dibawa ke mana-mana. Termasuk saat bepergian.

Advertisement

Baca Juga:

Digitalisasi bukti pernikahan ini, menurut Muharam sudah menjadi kewajiban Kemenag dalam hal menyesuaikan zaman.

“Insyaallah dalam waktu dekat ini akan lahir kartu nikah digital,” ujarnya.

Muharam menjanjikan, layanan kartu digital ini akan berlaku di seluruh KUA di Indonesia.

“Sesuai slogan ‘Daftar Nikah Mudah, Nikah Murah’. Ini memberikan jaminan ketenangan ketika pasangan suami istri tengah berpergian,” kata dia.

Menurut dia, revitalisasi KUA ini penting untuk membuktikan negara hadir di setiap pernikahan anak bangsa.

Dengan adanya peningkatan layanan di lembaga negara, dia berharap masyarakat merasakan bahwa negara hadir, terutama dalam persoalan pencatatan pernikahan.

Baca Juga:

Selain kartu nikah digital, sebelumnya arsip layanan KUA memang direncanakan untuk didigtalisasi. Hal itu untuk mengantisipasi banjir dan gempa.

Sekretaris Ditjen Bimas Islam Kementerian Agama M Fuad Nasar pada Januari lalu mengungkapkan, pihaknya akan menyiapkan mitigasi.

“Penyelamatan arsip dan khazanah literasi sangat penting diperhatikan dalam mitigasi banjir dan gempa, termasuk arsip dan khazanah literasi keagamaan sebagai aset peradaban umat dan kekayaan bangsa,” ujarnya dikutip dari laman kemenag.go.id, Minggu (17/1/21) lalu.

***

Editor: Asrul R

Advertisement

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin