Home Kepulauan Riau

Karimun Pertahankan Juara Umum STQ Provinsi Kepri

85
Kalifah Karimun bersama Gubernur Kepri Nurdin Basirun dan Wagub Kepri Isdianto (tengah) di penutupan STQ VIII Provinsi Kepri 2019 di Kijang, Bintan, Rabu (1/5/19) malam. (Dok. Humas Pemprov Kepri)

Bintan – Kabupaten Karimun sukses mempertahankan gelar juara umum pada Seleksi Tilawatil Quran (STQ) VIII tingkat Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) tahun 2019 di Kabupaten Bintan. Kontingen Karimun mengumpulkan poin 42, unggul dari peserta lain.

Karimun mengikuti 16 cabang. Hasilnya, Karimun menempatkan tujuh wakilnya menjadi juara pertama, dua orang juara dua dan satu orang meraih juara tiga. Untuk juara kedua diraih Kabupaten Lingga dengan poin 28, dan disusul Kota Tanjungpinang dengan nilai 24.

STQ VIII Kepri 2019 resmi ditutup Gubernur Kepri, Nurdin Basirun di lapangan Relief Antam, Kijang, Kabupaten Bintan, Rabu (1/5/19) malam. Nurdin mengatakan, hikmah yang didapat dari perhelatan STQ adalah timbulnya energi positif dalam tumbuhnya semangat kebersamaan untuk mensukseskan pembangunan terutama di bidang keagamaan.

Saat ini di Kepri sedang tumbuh dan berkembang pondok-pondok pesantren serta sekolah Islam terpadu. Ia berpesan kepada para kafilah, terutama yang berhasil mendapat predikat juara agar tidak jemawa.

Nurdin mengingatkan agar prestasi yang didapat dijadikan pelecut semangat untuk bisa lebih baik lagi di masa depan.

“Dan yang terpenting adalah, terus jadikan Alquran sebagai pedoman hidup,” katanya.

MTQ Kepri 2020

Sekretaris Daerah Provinsi Kepri, TS Arif Fadillah juga melaporkan hasil Rapat Kerja Daerah (Rakerda) LPTQ Provinsi Kepri tahun 2019. Ia mengatakan, penyelenggaraan MTQ tingkat Provinsi Kepri tahun 2020 akan dilaksanakan bersama dengan Pemerintah Kota Tanjungpinang.

“Kami laporkan, mulai STQ tahun 2019 ini penilaian telah menggunakan teknologi informasi, sehingga nilai yang dihasilkan masing-masing peserta sudah dapat dilihat secara langsung,” katanya.

Pada STQ VIII tersebut, juga diserahkan penghargaan untuk sejumlah kategori. Untuk penilaian Stand Bazar terbaik diraih Kabupaten Bintan dengan nilai 80,28 yang diikuti Kabupaten Lingga (77,82) serta Kota Tanjungpinang di peringkat ketiga (77,44).

Kemudian, untuk perlombaan Lembaga Seni Kasidah (Laski) dan Rebana, juara pertama diraih utusan Kabupaten Lingga dengan nilai 279 disusul utusan Karimun (278,5) dan peringkat ketiga diraih utusan Kabupaten Kepulauan Anambas (274,5).

Penghargaan lainnya adalah untuk perlombaan Pawai Taaruf dengan juara pertama diraih Kabupaten Bintan dengan nilai 1.850, diikuti Kabupaten Karimun (1.791) dan juara ketiga disabet Kota Tanjungpinang (1.690).

*****

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin