Home Warta Kapolri : 1.062 Polsek di Indonesia Sekarang Tidak Lagi Melakukan Proses Penyelidikan

Kapolri : 1.062 Polsek di Indonesia Sekarang Tidak Lagi Melakukan Proses Penyelidikan

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mencabut kewenangan Polsek dalam melakukan penyidikan melalui SK Kapolri, pada konfrensi persnya di Mabes Polri, pada Rabu (31/3/2021).
Himbauan Pemprov Kepri

Ikuti kami di Google Berita

Barakata.id, Jakarta – Berdasarkan Surat Keputusan (SK) Kapolri Nomor: Kep/613/III/2021, 1.062 Kepolisian Sektor (Polsek) yang ada di seluruh Indonesia tidak lagi bisa melakukan proses penyidikan, mulai per tanggal 23 Maret 2021 mendatang.

Di mana, SK Kapolri itu di keluarkan setelah institusi negara ini memperhatikan soal program prioritas Comamnder Wish pada 28 Januari 2021 lalu.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyatakan, bahwa Polsek hanya untuk pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) untuk daerah tertentu, dan tidak melakukan penyidikan.

“Artinya, Polsek tidak melakukan penyidikan. Hanya sebatas pemeliharaan Kamtibmas,” tegas Kapolri pada keterangan resminya, Rabu (31/3/2021).

Tambah lagi, hal ini kata Sigit dalam rangka program prioritas di bidang transformasi, program penataan kelembagaan, dan kegiatan penguatan Polsek dan Polres sebagai lini terdepan.

“Semantara, Polsek yang tidak melakukan penyidikan dalam hal kewenangan dan pelaksanaan tugasnya mempedomani Surat Kapolri Nomor: B/1092/II/REN.1.3./2021 tanggal 17 Februari 2021 perihal direktif Kapolri tentang kewenangan Polsek tertentu,” lanjutnya.

Selain itu, kata Sigit, juga di ambil berdasarkan, Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia (RI) dan Peraturan Presiden Nomor 52 Tahun 2010 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Kepolisian Negara RI Sebagaimana telah Diubah dengan Peraturan Presiden Nomor 5 Tahun 2017 tentang Perubahan atas Peraturan Presiden Nomor 52 Tahun 2010 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kepolisian Negara Republik Indonesia. “Pungkasnya.

Penulis : Achmad Zunaidi

SebelumnyaPastikan Terkelola Dengan Baik, Bupati Surya Tinjau TPA Sei Renggas
SelanjutnyaPemko Batam Raih 9 Penghargaan Bergengsi di 2020

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin