Home Warta Dunia

Kapal Turis Terbalik di Sungai Amazon, 18 Orang Tewas, 30 Hilang

89
Hutan Amazon
Foto Ilustrasi. Sebuah kapal pengangkut turis terbalik di anak sungai Hutan Amazon, Sabtu (29/2/20). Sebanyak 18 orang dilaporkan meninggal, dan 30 orang masih hilang. (F: net)

Barakata.id, Batam – Sebuah kapal yang membawa rombongan turis, terbalik di sungai hutan Amazon, Sabtu (29/2/20) sore. Akibatnya, sekitar 18 orang dilaporkan tewas, dan 30 orang masih hilang dalam kejadian nahas tersebut.

Selain korban tewas dan hilang, pihak berwenang mengatakan sekitar 46 orang berhasil diselamatkan. Para penumpang yang selamat, saat ini sudah dievakuasi ke tempat pemerintahan terdekat.

Peristiwa itu dilaporkan oleh pihak berwenang Brasil, Senin (2/3/20). Kapal Anna Karoline III yang terbalik itu, berangkat membawa turis dari Kota Macapa, ibu kota Amapa pada Jumat (28/2) sore.

Pemerintah negara bagian Amapa mengatakan tiga korban tewas merupakan anak-anak. Disebutkan, kapal nahas itu membawa penumpang ke anak sungai Amazon, Sungai Jari ketika tiba-tiba terbalik.

Baca Juga :
Leonardo DiCaprio Dituduh Sebagai Pembakar Hutan Amazon

Hingga kini pihak berwenang masih melakukan proses pencarian dengan mengerahkan tim penyelam dan dibantu oleh pesawat serta helikopter untuk membantu pencarian.

Proses pencarian tidak berjalan mudah. Lokasi tempat terbaliknya kapal itu berada jauh di dalam dan di bagian terpencil dari luasnya wilayah hutan Amazon. Helikopter yang dikerahkan untuk membantu proses pencarian, butuh waktu 9 jam untuk tiba di lokasi.

Vanderleia Monteiro, seorang korban yang selamat dari kejadian itu mengatakan, kapal yang ditumpanginya menunjukkan ada masalah ketika ada kapal lain menepi dan berusaha berlabuh.

Sesaat kemudian, kata Monteiro, yang menyelamatkan diri bersama suami dan anaknya, ada seorang penumpang yang berteriak “Tenggelam!”.

Baca Juga :
Seram! Kapal Hantu Ditemukan di Laut Jepang, Banyak Potongan Kepala

Hanya dalam hitungan beberapa detik setelah teriakan penumpang itu, kapal tiba-tiba terbalik. Penumpang pun panik dan masing-masing berusaha menyelamatkan diri.

“Kami menyelamatkan diri melalui jendela kapal, dan berusaha jalan di dinding luar saat kapal terbalik,” ujar Monteiro kepada situs berita Brasil G1 seperti dilansir AFP.

Sejauh ini belum diketahui penyebab pasti peristiwa tersebut. Proses investigasi terhadap kejadian ini akan dilakukan oleh pihak tentara Brasil yang diterjunkan dalam proses pencarian.

*****

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin