Kapal SB Tenggiri 4 Bocor Lalu Tenggelam di Laut Karimun

69
Kapal SB Tenggiri 4 tenggelam di perairan Karimun, Kepri setelah mengalami kebocoran di bagian buritan karena menabrak karang, Minggu (28/7/19) siang. (F: Istimewa)

Karimun – Kapal SB Tenggiri 4 yang bermuatan sayur-mayur tenggelam di perairan sekitar pulau Kenipan, Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau (Kepri), Minggu (28/7/19) sekira pukul 13.00 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

Informasi yang dihimpun, kapal SB Tenggiri 4 itu milik H Amirullah. Kapal itu membawa 209 kotak berisi sayur-mayur dari pelabuhan Buton, Provinsi Riau dengan tujuan Tanjungriau, Kota Batam.

Namun, saat berlayar dan tiba di perairan Karimun pada koordinat 0°55.632″ N-103°19.824″ E, SB Tenggiri 4 mengalami kebocoran di bagian buritan sehingga air tidak dapat dipompa atau ditimba. Tak lama kemudian kapal tenggelam.

Baca Juga : MV NIKA, Kapal Buronan Interpol Diamankan di Barelang

Kasi Operasi Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Kelas 1A Tanjungpinang, Eko Supriyanto membenarkan tenggelamnya kapal bermuatan sayur-mayur SB Tenggiri 4 tersebut.

Muatan kapal SB Tenggiri 4 mengapung dan hanyut setelah kapal itu tenggelam di perairan Karimun, Kepri, Minggu (28/7/19). (F: Istimewa)

Ia mengatakan, kapal itu sebelumnya menabrak batu karang yang menyebabkan terjadi kebocoran sehingga kapal kemasukan air.

Seluruh awak kapal berhasil diselamatkan. Adapun muatan kapal, ada yang tenggelam dan ada uang hanyut.

Awak kapal sempat meminta bantuan kepada sejumlah nelayan yang sedang berada di perairan tersebut. Beberapa saat kemudian, kapal Polrair Polres Karimun dan KPLP Selat Beliah tiba dan ikut membantu evakuasi.

Kapal kemudian ditarik menuju pantai terdekat pulau Kenipan.

Proses penarikan kapal SB Tenggiri 4 yang tenggelam di perairan Karimun, Kepri, Minggu (28/7/19). (F: Istimewa)

Koordinator Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Karimun, Dedi Risdianto membenarkan adanya insiden kapal cepat yang sarat penumpang tenggelam di perairan Pulau Kenipan.

“Kami sedang di TKP. Alhamdulillah semua ABK berhasil dievakuasi, tidak ada korban jiwa,” kata dia.

Baca Juga : Polda Kepri Kini Punya Kapal Patroli Canggih untuk Jaga Laut

Berikut daftar awak kapal SB Tenggiri 4 yang diselamatkan:

1. Abdul Jamil (nakhoda, 39 tahun)
2. Mahadar (ABK, 39 tahun)
3. IJAL (ABK, 25 tahun)
4. Ayub (ABK, 25 tahun)
5. Yuda (ABK, 25 tahun)
6. Sarifuddin (ABK, 25 tahun)

*****

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini