Home Kepulauan Riau

Kampong Teripang, Kampungnya Edu Ekologi Wisata Bahari Kepri

96
Gubernur Kepri, Nurdin Basirun menandatangani prasasti peresmian Kampong Teripang di Teluk Bakau, Bintan, Sabtu (27/4/19). (Humas Pemprov Kepri)

Tanjungpinang – Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) mempunyai potensi kemaritiman yang luar biasa. Potensi tersebut harus digarap maksimal untuk kesejahteraan masyarakat, dan pembangunan daerah.

“Karena itu, pemerintah mendukung penuh setiap terobosan yang dilakukan dalam menggali potensi daerah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata Gubernur Kepri, Nurdin Basirun di Tanjungpinang, kemarin.

Salah satu terobosan tersebut, lanjut Nurdin, tergambar dalam pembentukan Kampong Teripang di Teluk Bakau, Kabupaten Bintan. Menurut Nurdin, kawasan Edu Ekologi Wisata Bahari itu akan menjadi ikon dan kebanggaan Kepri.

Kampong Teripang diresmikan Nurdin pada Sabtu (27/4/19) lalu. Saat peresmian, digear pula Festival Kuliner Hidrolisat Protein Ikan 2019.

Menurut Nurdin, keberadaan Kampong Teripang merupakan salah satu inovasi baru yang dapat melahirkan banyak manfaat besar bagi masyarakat dan pemerintah daerah. Selain bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pariwisata, juga untuk menciptakan generasi yang sehat dan cerdas dengan gemar mengkonsumsi ikan.

“Kita harap semangat dan spirit yang tengah tinggi saat ini dapat terus berkobar. Dengan demikian, akan semakin banyak lagi inovasi-inovasi yang dibuat pemerintah daerah dalam membangun wilayahnya,” kata dia.

Pada peresmian Kampong Teripang, Staf Ahli Menteri Koordinator Kemaritiman Bidang Sosio Antropologi, Tukul Rameyo mengapresiasi upaya percepatan sektor kemaritiman di Kepri. Menurutnya, Kepri masuk dalam daftar provinsi yang bagus dalam upaya mengentaskan kemiskinan dan pembangunan generasi muda (pencegahan stunting).

“Presiden terus mendorong peningkatan di bidang sumber daya manusia. Salah satu solusinya adalah memberdayakan sumber perikanan dan kelautan. Dan teripang ini merupakan satu di antara sumber kelautan yang penting di Indonesia,” katanya.

Kemenko Kemaritiman, lanjut Tukul, mempunyai salah satu tugas untuk mempromosikan Teripang dan sumber daya ikan lainnya.

“Inovasi ini harus terus kita lakukan agar pengembangannya dapat menyebar merata di seluruh daerah,” ujarnya.

Pada acara peresmian Kampong Teripang, digelar pula penandatangan kerja sama atau memorandum of understanding (MoU) antara PT Aruna Indsutri Bintan dengan PT Kimia Farma. Gubernur Nurdin juga meresmikan gedung Produksi Protein Ikan dan Kolagen Teripang.

*****

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin