Home Nusantara

Kadis PUPR Kabupaten Blitar Blak-Blakan Usai Diperiksa KPK

97
Kadis PUPR Kabupaten Blitar Blak-Blakan Usai Diperiksa KPK
Kadis PUPR Dicky Cubandono (kiri) saat memberikan penjelasan kepada warga Desa Tugurejo, Wates soal ganti rugi tanah akibat dampak pembangunan jalur lintas selatan atau JLS. (foto: achmad/barakata.id)

Barakata.id, Blitar (Jatim) – Kepala Dinas PUPR Kabupaten Blitar Dicky Cubandono mengaku telah dimintai keterangan oleh KPK terkait pengalokasian anggaran bantuan keuangan Pemprov Jatim tahun 2014-2018.

Kepada barakata.id, Dicky mengatakan, kalau pemeriksaan dilaksanakan di Polrestabes Surabaya pada Selasa (13/9) lalu bersama 5 pejabat lainnya termasuk kepala Bappeda Kabupaten Blitar.

Ia menambahkan, kalau pemeriksaan terhadap dirinya hanya sebatas sebagai saksi dan di minta untuk membawa data-data yang ada di PUPR untuk disampaikan ke KPK.

“Data-data sudah saya sampaikan. Saya dimintai keterangan hanya sebagai saksi terkait bantuan Pemprov Jatim tahun 2014-2018,” ucapnya Kamis (15/9/2022) malam saat dikonfirmasi melalui telepon.

Menurut Dicky, dirinya yang baru menjabat sebagai Kadis PUPR Kabupaten Blitar sejak bulan Agustus 2021 dan tidak mengetahui soal BK (bantuan keuangan) Tahun 2014 hingga 2018 tersebut.

“Kan banyak yang gak tahu to, apalagi saya baru menjabat mulai tahun 2021 bulan Agustus. Sesuai dengan surat keputusan (SK), bahwa kepala dinas saat itu dijabat oleh Pak Harpiyanto Nugroho,” bebernya.

Seperti diberitakan sebelumnya, bahwa di media masa dalam kasus itu KPK telah menetapkan Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Jawa Timur, Budi Setiawan (BS) sebagai tersangka.

Baca juga: Hampir Dua Tahun Mangkrak, Komisi III DPRD Kabupaten Blitar Desak Dinas PUPR Segera Perbaikan Ruang Paripurna

Sementara, sebagai saksi yakni Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Batu Alfi Nur Hidayat, Kepala Bappeda Kota Pasuruan Siti Rochana, Kepala Dinas PUPR Kota Pasuruan Gustap Purwoko, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Blitar Dicky Cobandono, dan Kepala Dinas PUPR Kabupaten Mojokerto Rinaldi Rizal Sabirin. (jun)

Dapatkan update berita setiap hari di Barakata.id. Yok! bergabung di Grup Telegram "KATA BARAKATA", caranya klik link https://t.me/SAHABATKATA, kemudian join. Juga ikuti Barakata.id di Google Berita. Lihat selengkapnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin