Home Warta Arena

Joseph Simatupang, Pemuda Batak yang Dikontrak Blackburn Rovers

89

Blackburn – Pemain sepakbola berdarah Indonesia yang dikontrak oleh klub Eropa bertambah satu orang. Kali ini atas nama Joseph Simatupang Ferguson.

Pemuda berusia 16 tahun itu baru saja menandatangani kontrak bersama tim U-18 Blackburn Rovers, tim asal Inggris. Kontrak itu diteken di Stadion Ewood Park, Minggu (5/5/19).

Dilansir Fox Sports, Josep Simatupang Ferguson telah membagikan kabar bahagia tersebut di akun Instagram-nya.

‘Hari yang membanggakan buat saya dan keluarga saya untuk menandatangani beasiswa untuk Blackburn Rovers. Mudah-mudahan hal-hal baik akan datang ke depannya,” tulis pemuda berdarah Batak ini di akun josephferguson1_.

Joseph Simatupang Ferguson diketahui sudah sejak usia 11 tahun menimba ilmu di akademi Blackburn Rovers. Dengan kontraknya bersama tim U-18, ia akan selangkah lebih dekat menuju tim utama.

Untuk diketahui, Blackburn Rovers adalah salah satu tim raksasa di Inggris dan tercatat pemilik tiga gelar juara divisi teratas (Divisi Satu/Premier League). Sejak musim 2012/2013, Rovers terpental ke Divisi Championship.

Musim ini, Blackburn Rovers mampu bertahan di Divisi Championship dengan berada di peringkat 15.

Di tahun 1990-an Blackburn sempat menjadi buah bibir setelah secara mengejutkan berhasil menjadi juara kasta teratas Liga Inggris. Blackburn kampiun Liga Inggris di tahun 1995.

Bela Timnas Indonesia

Menurut Fox Sports, Joseph Simatupang Ferguson masih bisa menentukan status kewarganegaraannya. Ia bisa memilih membela Timnas Inggris atau Indonesia ke depannya.

Sebagai pemain keturunan Indonesia, Joseph pernah menyatakan tertarik untuk membela Timnas Indonesia. Kedatangan Garuda Select di Inggris bersama sejumlah pelatih Tanah Air, semakin menguatkan mimpi Joseph untuk berseragam Merah Putih.

“Suatu kebanggaan bermain untuk Timnas Indonesia, sebagaimana saya juga sudah memiliki koneksi. Tentu itu (bermain di Timnas) akan menjadi luar biasa untuk saya dan keluarga,” katanya dilansir dari Indosport.

Joseph Simatupang bersama tim muda Blackburn Rovers. (Instagram)

“Ibu saya asli Indonesia, dan saya bisa Bahasa Indonesia sedikit,” ujarnya.

Joseph Simatupang turut ambil bagian saat Blackburn Rovers U-18 mendapat tantangan ujicoba bersama Garuda Select pada Selasa (12/3/19) lalu. Kala itu,
tim yang diperkuatnya harus mengakui keunggulan Bagus Kahfi dan kawan-kawan dengan skor telak 0-4.

*****

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin