Home Kepulauan Riau Tanjungpinang

Jelang Pilkada, Bawaslu Tanjungpinang-Kejari Perkuat Sentra Gakkumdu

19
Bawaslu Tanjungpinang
Ketua Bawaslu Kota Tanjungpinang, Muhamad Zaini menyerahkan piagam penghargaan kepada Kepala Kejari Tanjungpinang, Ahelya Abustam, dalam pertemuan koordinasi pembentukan Sentra Gakkumdu menjelang Pilkada 2020, Selasa (11/2/20). (F: Barakata.id/IST).

Barakata.id, Tanjungpinang – Bawaslu Kota Tanjungpinang meningkatkan koordinasi dengan Kejaksaan Negeri (Kejari) Tanjungpinang guna membangun sinergitas kelembagaan dalam rangka mensukseskan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Kepulauan Riau 2020 nanti.

Muhamad Zaini, Ketua Bawaslu Kota Tanjungpinang mengatakan, pihaknya bersama Kejakasaan perlu meningkatkan sinergisitas untuk memperkuat Sentra Gakkumdu (Sentra Penegakan Hukum Terpadu) yang akan dibentuk lagi untuk Pilkada Kepri 2020. Sentra Gakkumdu terdiri dari Bawaslu, Kepolisian dan Kejaksaan.

Baca Juga :
Bawaslu Tanjungpinang Awasi Tahap Penelitian Berkas PPK

Beberapa waktu lalu, kata dia, pihaknya juga sudah melakukan kunjungan dengan maksud serupa ke Polres Tanjungpinang.

“Bawaslu Tanjungpinang telah bersurat dengan Kejaksaan dan Kepolisian untuk permintaan personel yang akan bertugas di Sentra Gakkumdu. Insya Allah tanggal 14 Februari sudah terbentuk Sentra Gakkumdu,” kata Zaini yang juga Kordiv. Pengawasan, Humas dan Hubungan Antar Lembaga ini saat berkunjung ke Kantor Kejari Tanjungpinang, Selasa (11/2/20).

Zaini mengatakan, eksistensi Sentra Gakkumdu sangat urgen dalam penanganan dan penindakan terhadap berbagai dugaan pelanggaran pidana dalam Pilkada. Kewenangannya diatur dalam Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali Kota.

“Kehadiran Sentra Gakkumdu berperan sebagai upaya penegakan aturan dan keadilan Pemilu. Namun, Bawaslu akan tetap berupaya maksimal dalam mengedepankan dan melakukan strategi pencegahan terhadap berbagai potensi dugaan pelanggaran,” katanya.

Hal senada disampaikan Komisioner Bawaslu Tanjungpinang, Maryamah. Dikatakannya, ada 12 dugaan pelanggaran yang telah ditangani oleh Sentra Gakkumdu dalam Pemilu 2019.

“Lima perkara putus hingga di Pengadilan Negeri Tanjungpinang, dan tujuh perkara selesai di pembahasan kedua Sentra Gakkumdu,” ujar Maryamah yang juga Kordiv. Hukum dan Penindakan Pelanggaran ini.

Pada kesempatan itu, Kepala Kejari Tanjungpinang, Aheliya Abustam menegaskan bahwa pihaknya selalu siap bersinergi dan memperkuat peran Sentra Gakkumdu dalam menangani berbagai tindak Pidana dalam Pilkada 2020 .

“Kerja sama dan koordinasi yang telah terjalin dengan baik, akan kita perkuat dan tingkatkan lagi untuk penanganan berbagai dugaan pelanggaran. Kita berharap Pilkada 2020 ini dapat berlangsung secara adil dan demokratis,” katanya.

Baca Juga :
Bawaslu Tanjungpinang Awasi Pembentukan PPK dan Buka Posko Pengaduan Masyarakat

Pertemuan tersebut dihadiri Ketua dan Anggota Bawaslu Tanjungpinang Muhamad Zaini, Maryamah, Novira Damayanti, beserta staf Raessa dan nugraha serta disambut oleh Kepala Kejari Tanjungpinang Aheliya Abustam, Kasi Pidum Wawan, dan Jaksa Zaldi Akri.

Di akhir pertemuan, Bawaslu Tanjungpinang memberikan cinderamata berupa piagam penghargaan dan buku karya Bawaslu berjudul “500 Pantun Pemilu; Pemilu Santun Lewat Pantun”.

Zaini mengatakan, cinderamata itu sebagai bentuk ungkapan terima kasih pihaknya atas kerja sama dan keterlibatan pihak Kejaksaan dalam Sentra Gakkumdu guna mensukseskan Pemilu 2020.

*****

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin