Home Batam Jelang Lebaran, Ketua DPRD Batam Ingatkan Perusahaan Bayarkan THR Karyawan H-7

Jelang Lebaran, Ketua DPRD Batam Ingatkan Perusahaan Bayarkan THR Karyawan H-7

Ketua DPRD Batam
Ketua DPRD Batam, Nuryanto
- Advertisement -
DPRD Batam

Barakata.id, Batam – Ketua DPRD Kota Batam, Nuryanto mengingatkan kepada para pengusaha untuk memberikan tunjangan hari raya (THR) kepada pegawainya. Ia mengingatkan pembayaran THR dilakukan pada H-7 Hari Raya Idul Fitri 1444 H/2023 M.

Ditegaskannya, aturan pembayaran THR oleh perusahaan kepada karyawaan merupakan hal yang sangat krusial dan wajib. Hal ini sudah tertuang dalam Kemenaker RI dalam PP Nomor 16/2022.

- Advertisement -
artikel perempuan

“Menjelang Hari Raya IDul Fitri ini, kami mengingatkan untuk jajaran direksi di perusahaan untuk bisa memberikan THR kepada pegawaimnya sesuai dengan regulasi pemerintah,” kata Nuryanto di Batam Centre, kemarin.

BACA JUGA : Polda Kepri Sidak Pasar Jelang Lebaran, Temukan Barang Kedaluwarsa

Pria yang akrab disapa Cak Nur itu mengatakan, permasalahan terkait THR ini setiap tahunnya sering menimbulkan polemik antara pihak perusahaan dengan karyawan. Karena itu ia berharap tahun ini hal itu tidak terjadi lagi.

Ia menegaskan, sesuai dengan Peraturan Menteri Tenaga Kerja (Permenaker) nomor 6 tahun 2016, THR wajib diberikan kepada pekerja H-7. Meski demikian, tidak menutup kemungkinan antara perusahaan dan pekerja melakukan kesepakatan sendiri terkait waktu pemberian sekaligus besaran THR.

“Kalau ada perusahaan yang memberikan melewati H-7 asal sudah ada kesepakatan dengan dua belah pihak tidak masalah, yang penting THR terap diberikan,” kata dia.

Selain itu, Cak Nur juga menghimbau kepada masyarakat di Batam untuk tidak berlebihan dalam menyambut perayaan Lebaran.

“Boleh-boleh saja kita bergembira, tidak masalah, tetapi tentu harus proporsional, jangan sampai berlebihan. Cukup dengan kesederhanaan saja, yang penting maknanya dapat” ujarnya. (red).

- Advertisement -