Home Kepulauan Riau

Jejak Kapolda Kepri Aris Budiman: Friksi KPK dan Berseteru dengan Novel Baswedan

105
Irjen Pol Aris Budiman
Irjen Pol Aris Budiman

Barakata.id, Batam – Irjen Pol Aris Budiman baru saja ditetapkan menjadi Kapolda Kepri yang baru. Aris menggantikan Andap Budhi Revianto yang diangkat menjadi Inspektur Jenderal (Irjen) di Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

Pengangkatan Aris sebagai Kapolda Kepri berdasarkan Surat Telegram Kapolri Nomor : ST/1378/V/KEP./2020. tanggal 1 Mei 2020 tentang Alih Tugas/mutasi jabatan Kapolda Kepri.

“Pada hari ini, berdasarkan Surat Telegram Kapolri tersebut, jabatan Kapolda Kepri diisi oleh Irjen Pol Dr. Aris Budiman, M.Si.” kata Kabid Humas Polda Kepri, Kombes Pol Harry Goldenhardt dalam keterangan resminya di Batam, Jumat (1/5/20).

Baca Juga :
GRATIS, RS Bhayangkara Polda Kepri Sediakan Rapid Test Corona

Siapa Irjen Aris Budiman?

Aris diketahui pernah bertugas di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Di lembaga antirasuah itu, pria lulusan Akpol 1998 ini dikenal sering memicu kontroversi.

Beberapa kali ia terlibat perseteruan terbuka dengan Penyidik KPK, Novel Baswedan. Bahkan, dengan pimpinan KPK sekalipun.

Di KPK, pria kelahiran 25 Januari 1965 ini menduduki posisi Direktur Penyidik KPK selama 3 tahun, mulai 2015 hingga 2018. Ia dilantik sebagai Dirdik KPK pada 16 September 2015 oleh Taufiequrachman Ruki.

Baca Juga :
Cegah Penyebaran Corona, Mapolda Kepri Disemprot Disinfektan

Setelah itu, Aris berpindah tugas menjadi Ketua di Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Lemdiklat (STIK Lemdiklat) Polri.

Selama dinas di KPK, sejumlah kontroversi pernah dicuatkan oleh Aris. Dia pula yang pertama membuka informasi adanya perpecahan di internal KPK.

Mengutip CNN Indonesia, Sabtu (2/5/20), pada Agustus 2017, pria yang berpengalaman di bidang reserse ini menghadiri rapat bersama Panitia Khusus (Pansus) Angket KPK di DPR. Ia, yang mengaku melanggar perintah pimpinan KPK untuk tak hadir di rapat itu, membeberkan kepada pansus soal friksi atau perpecahan di tubuh KPK.

Perselisihan dengan Novel Baswedan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin