Home Kepulauan Riau Batam

Jefridin: ASN Wajib Melayani Masyarakat, Bukan Minta Dilayani

41
ASN Melayani Masyarakat
Para CPNS Pemko Batam mengikuti orientasi di Kantor Pemko Batam, Selasa (2/11/21). (F: Humas Pemko Batam)

Barakata.id, Batam- Aparatur Sipil Negara (ASN) wajib melayani masyarakat. Bukan sebaliknya minta dilayani. Pesan itu disampaikan oleh Sekda Kota Batam Jefridin Hamid saat memberi pengarahan teknis orientasi kepada CPNS Kota Batam, Selasa (2/11/21) di Kantor Wali Kota Batam.

“Ini harus dipahami betul-betul. ASN ini ditinggikan seranting dan didahulukan selangkah untuk melayani dan mengatur negara ini, kehadiran negara di tengah masyarakat tergantung ASN,” ujar Jefridin.

Dia juga menekankan agar CPNS harus memahami undang-undang 5/2014 tentang ASN. Sebab, undang-undang ini sebagai kitabnya ASN dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

Baca Juga:

“Harus dipelajari, dipedomani dan dilaksanakan,” pesannya.

Di dalam pasa 10 Undang-undang ini disebutkan bahwa ASN berfungsi sebagai pelaksana kebijakan publik, pelayan publik, perekat dan pemersatu bangsa.

Lalu di pasal 11 juga disebutkan bahwa tugas ASN adalah melaksanakan kebijakan publik yang dibuat oleh Pejabat Pembina Kepegawaian sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, memberikan pelayanan publik yang profesional dan berkualitas, dan mempererat persatuan dan kesatuan Indonesia.

Baca Juga:

Selain itu, ASN juga harus memahami PP 94 tentang disipin pegawai negeri dan aturan lain yang mengatur ASN.

Kegiatan orientasi CPNS ini diikuti oleh tenaga guru sebanyak 71 orang, tenaga kesehatan 41 orang dan tenaga teknis 27 orang. Rencananya SK akan diserahkan pada 1 Desember 2021 dan semua hak CPNS akan diberikan secara penuh. (asrul)

Dapatkan update berita setiap hari di Barakata.id. Yok! bergabung di Grup Telegram "KATA BARAKATA", caranya klik link https://t.me/SAHABATKATA, kemudian join. Juga ikuti Barakata.id di Google Berita. Lihat selengkapnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin