Jean Arnault Salip Bill Gates Jadi Orang Terkaya di Dunia

64
Jean Arnault (kiri) dan Bill Gates menjadi orang terkaya di dunia.

Batam – Bernard Jean Etienne Arnault sukses menggeser bos Microsoft, Bill Gates sebagai orang terkaya di dunia versi Indeks Bloomberg Billionaires. Miliarder asal Prancis itu dilaporkan memiliki harta kekayaan bersih sekitar US$108 miliar atau setara dengan Rp1.500 triliun (kurs Rp14.000).

Menurut laporan Bloomberg yang dikutip Jumat (19/7/19), kekayaan Arnault sudah melampaui kekayaan Bill Gates yang punya US$107 miliar. Arnault merupakan CEO pembuat barang mewah LVMH (LVMHF).

Mengutip CNN Business, kekayaan Arnault itu setelah menambahkan sejumlah US$ 39 miliar dalam kekayaannya pada tahun lalu. Sebelumnya pada Maret lalu, Arnault berhasil menduduki posisi orang terkaya ketiga di dunia.

Dari Gubuk Tua, Coco Chanel Tumbuh Jadi Legenda

Ia merebut gelar itu dari Warren Buffett. Arnault juga merupakan orang terkaya di Eropa dan total kekayaannya setara dengan lebih dari 3 persen ekonomi Perancis

Ia berjaya membangun LVMH menjadi pusat kekuatan global barang mewah yang mengendalikan merek-merek seperti Louis Vuitton, Christian Dior, dan Givenchy. Forbes menyebut LVMH mencatat rekor penjualan dan laba pada tahun 2018, yang sebagian besar pendapatannya karena peningkatan pengeluaran oleh pelanggan dari Cina.

Jean Arnault

Arnaut dilaporkan memiliki sekitar 50 persen saham LVMH dan 97 persen lebih saham rumah mode Christian Dior. Berbeda dari Gates, miliarder berusia 70 tahun ini tidak memiliki latar belakang sebagai pebisnis.

Baca Juga : Saran Jeff Bezos Agar Sukses dalam Bisnis

Setelah lulus dari Lycée Maxence Van Der Meersch di Roubaix, Arnault diterima di École Polytechnique di Palaiseau dan lulus dengan gelar teknik pada tahun 1971.

Orang terkaya baru di dunia ini mengakuisisi Financière Agache, sebuah perusahaan barang mewah. Ia pun mengambil alih perusahaan tekstil yang nyaris bangkrut bernama Boussac Saint-Frères.

Itulah awal mula Arnault menguasai Christian Dior milik Boussac. Baru kemudian dia menciptakan grup LVMH, yang dihasilkan dari merger antara dua perusahaan.

*****

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini