Home Kepulauan Riau

Jangan Lengah, Kepri Belum Bebas dari Covid-19

Covid-19 Kepri
Ilustrasi. Kapolresta Barelang, AKBP Yos Guntur mengedukasi warga tentang menggunakan masker demi pencegahan Covid-19 di Pasar Tos 3000, Jodoh, Batam, Kamis (10/9/20). (F: barakata.id/)

Barakata.id, Tanjungpinang – Jumlah kasus aktif Covid-19 di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) memang terus menurun dalam sebulan belakangan. Namun, hal itu jangan sampai membuat masyarakat lengah dan menganggap pandemi ini sudah usai.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kepri, Bisri pun mengingatkan masyarakat agar tetap mematuhi protokol keseharan. Ia menegaskan bahwa kepri belum sepenuhnya terbebas dari ancaman Covid-19.

Menurut Bisri, virus corona akan terus mengintai dan menginfeksi masyarakat yang tidak menerapkan protokol kesehatan.

BACA JUGA : Karimun Zona Hijau Covid-19, Wagub Kepri: Tetap Disiplin Prokes

Sampai sekarang, kata dia, masih banyak orang yang tidak menerapkan protokol kesehatan, terutama saat beraktivitas atau berinteraksi. Sikap itu justru memberi peluang pada virus tersebut untuk menyebar luas.

“Kepri sulit aman dari Covid-19 jika masyarakatnya tidak menggunakan masker, menjaga jarak interaksi, tidak berada di kerumuman orang, dan malas membersihkan tangan dengan sabun dan air bersih,” kata Bisri di Tanjungpinang.

Ia menyatakan, kasus aktif Covid019 di Kota Tanjungpinang, Batam, dan Kabupaten Bintan menunjukkan bahwa masih ada orang-orang yang belum sadar untuk menerapkan protokol kesehatan secara ketat saat beraktivitas.

“Masih ada yang bandel, kan? Itu faktanya masih ada yang tertular, dan membentuk klaster karena jumlahnya cukup banyak,” kata dia.

Bisri juga memberi apresiasi kepada anggota masyarakat yang sampai saat ini tidak kendor dalam menerapkan protokol kesehatan.

BACA JUGA : Provinsi Kepri Menuju Zona Hijau Covid-19

Masyarakat yang konsisten menerapkan protokol kesehatan menyebabkan daerah tersebut nol kasus aktif Covid-19 seperti Kabupaten Natuna, Kepulauan Anambas, dan Lingga. Sedangkan di Karimun baru muncul satu kasus aktif setelah sempat dua hari nol kasus aktif.

Catatan Dinkes Kepri, jumlah kasus aktif Covid-19 per 21 Maret 2021 sebanyak 151 orang. Mereka tersebar di Tanjungpinang 49 orang, Batam 91 orang, Bintan 10 orang dan Karimun satu orang.

Satgas Penanganan Covid-19 menetapkan Tanjungpinang, Batam dan Bintan sebagai Zona Kuning atau resiko penularan Covid-19 rendah.

Sementara Kabupaten Natuna, Anambas, Karimun dan Lingga ditetapkan sebagai Zona Hijau atau aman dari penularan Covid-19.

*****

Editor : YB Trisna

Sumber : Kominfo.kepriprov.go.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin