Home Warta Ekonomi Jadi yang Terbaik, PLN Batam Terapkan Transformasi Digital

Jadi yang Terbaik, PLN Batam Terapkan Transformasi Digital

18
PLN Batam
PT bright PLN Batam gencar menerapkan tranformasi digital. Hal itu sejalan dengan visi perusahaan jadi penyedia listrik terbaik dan solusi terintegrasi di Asia Tenggara. (F: dok. pln batam)
Himbauan Pemprov Kepri

Barakata.id, Batam – PT bright PLN Batam gencar menerapkan tranformasi digital. Hal itu sejalan dengan visi perusahaan jadi penyedia listrik terbaik dan solusi terintegrasi di Asia Tenggara.

Direktur Utama PT bright PLN Batam Nyoman S. Astawa mengatakan, perusahaan memiliki core bisnis penyediaan tenaga listrik mulai dari pembangkit, penyaluran dari distribusi energi secara ritel maupun curah dan jasa lainnya yang terkait dengan bisnis ketenagalistrikan.

PLN Batam selalu melakukan transformasi dengan beberapa prinsip, yaitu Lean atau penyedia tenaga listrik yang lean, andal, dan berbiaya termurah untuk perumahan, bisnis dan industri.

BACA JUGA : PLN Batam Gelar SUPER GRANADA, Gratis Tambah Daya hingga Akhir Mei

Lean yang dimaksud merupakan digitalisasi pembangkit listrik, pengadaan digital, keunggulan distribusi berbasis digital, optimasi dispatch & harga IPP, prioritas investasi serta prinsip Reliable (implementasi anti black out, membangun smart grid termasuk otomasi grid).

“Selain itu, prinsip Green yaitu memimpin transisi energi Indonesia melalui peningkatan energi baru terbarukan (EBT) secara pesat dan efisien dengan implementasi RUPTL, meluncurkan Green Booster,” kata Nyoman dalam keterangan resminya, kemarin.

Kemudian, lanjut Nyoman, perseroan melakukan prinsip Innovative atau simulasi pertumbuhan melalui modal bisnis dan layanan yang inovatif dengan meningkatkan kemudahan memperoleh listrik, pengembangan bisnis IPP dan OM, dan join venture dan/atau akuisisi.

PT bright PLN Batam juga menerapkan prinsip Customer Focused yaitu memberikan kepuasan kepada pelanggan melalui kualitas dan layanan kelas dunia dengan peningkatan standar layanan, peningkatan bright mobile, pengelolaan sistem pemadaman, peningkatan keakuratan billing dan collection (baca/catat meter).

“Dengan adanya transformasi ini, dapat membantu iklim investasi yang ada di Indonesia, dikarenakan di tengah pandemi Covid-19 ini banyaknya keperluan yang menggunakan listrik guna menunjang berjalan seluruh aspek kehidupan di Indonesia,” kata dia.

BACA JUGA : PLN Batam Lanjutkan Pembangunan Jaringan SUTT 150 KV

PT bright PLN Batam juga telah mulai melakukan digitalisasi pada setiap proses bisnis, dari mulai hulu hingga hilir untuk meningkatkan efisiensi, hingga saat ini dikembangkan di antara Advanced Metering Insfrastructure (AMI), layanan loket virtual, SPKLU (charge IN) dan lain sebagainya.

Implementasi AMI merupakan langkah awal PLN Batam dalam pengembangan smart grid, hingga 04 Juni 2021 total pelanggan smart meter AMI terinstall sebanyak 2561 pelanggan dengan target sekitar 6000 pelanggan di retail Nagoya.

Perusahaan itu juga telah mengoperasikan satu unit SPKLU (Charge-IN) Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum, serta telah mengoperasikan dua unit Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) yang berlokasi di kantor korporat Batam Centre, kantor area pelayanan tiban, keduanya dengan total kapasitas sebesar 50 kwp.

“Dengan banyaknya inovasi yang dilakukan oleh bright PLN Batam, sehingga dapat membantu menciptakan percepatan dan pertumbuhan ekonomi yang lebih cepat guna mencapai Indonesia emas di tahun 2045,” pungkas Nyoman.

*****

Editor : YB Trisna

Advertisement
SebelumnyaOrang Berwatak Keras dan Bermental Baja Bisa Dilihat dari Golongan Darah
SelanjutnyaTNI AL Selamatkan Remaja yang Terapung 3 Jam di Laut Pulau Laki