Istri Perlu Tahu, Ini 5 Cara Mengatasi Konflik dengan Mertua

Konflik Istri dengan Mertua
Foto Ilustrasi
Himbauan Pemprov Kepri

Ikuti kami di Google Berita

 

Barakata.id, Batam – Hubungan dalam biduk rumah tangga tak selamanya harmonis. Perbedaan pendapat sering memicu terjadinya konflik istri dengan mertua, bahkan sampai menjadi pertengkaran hebat.

Jika tidak segera diselesaikan, hal itu dapat menimbulkan perpecahan dalam keluarga? Tentu kita tidak menginginkan hal itu terjadi.

Menurut Dr Sylvia L Mikucki-Enyart, asisten profesor ilmu komunikasi di UWSP yang memimpin sebuah penelitian tentang hubungan ibu dan anak laki-lakinya, seorang ibu jauh lebih cemas dengan pernikahan sang putra daripada pernikahan putrinya.

Hal itu salah satu alasan mengapa hubungan antara istri dengan ibu mertua sering diwarnai ketegangan yang sewaktu-waktu dapat meledak.

Baca Juga :

Melibatkan suami dalam urusan ini, juga bukan perkara gampang. Bukan tidak mungkin konflik akan semakin meruncing.

Banyak kasus membuktikan, keterlibatan suami dalam pusaran konflik istri dengan mertua justru membuat ketegangan memuncak yang berujung pada rusaknya hubungan suami dengan orangtuanya, atau hubungan suami dengan sang istri.

Karena itu, para istri juga harus bisa memahami dan mampu bersikap mandiri untuk mengatasi sendiri masalahnya dengan ibu mertua, tanpa harus menyeret suami dalam lingkaran konflik. Bagaimana caranya?

Berikut 5 cara mengatasi konflik dengan ibu mertua yang dirangkum barakata.id dari berbagai sumber:

Baca Juga :

1. Cari sumber konflik

Bersikaplah tenang. Semua masalah pasti ada sumber dan yakinlah, pasti selalu ada cara untuk menyelesaikannya. Cari dan ingat-ingat, apa yang menjadi sumber konflik dengan ibu mertua.

Sebisa mungkin, hindari pikiran untuk menyalahkan mertua atau bahkan suami. Pikirkan pelan-pelan, sebenarnya apa yang membuat ibu mertua bersikap seolah memusuhi? Mungkin ada ucapan atau perbuataan yang sudah menyinggung perasaannya.

Atau, bisa jadi karakter atau sifat ibu mertua yang memang “dari sananya” suka megkritik siapa dan apa saja. Apalgi jika itu menyangkut keluarganya.

Istri harus bisa menahan diri, sekaligus memahami sifat ibu mertua tersebut. Itu akan membuat suasana hati lebih santai sehingga hal-hal yang bisa bikin ibu mertua tersinggung dapat dicegah.

2. Jangan berbicara dengan nada tinggi

1
2
3
SebelumnyaHadapi Mutasi Virus COVID-19 di Inggris, Begini Kata Dokter Spesialis Penyakit Dalam
SelanjutnyaResmi, Pemerintah Tetapkan FPI Ormas Terlarang

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin