Home Kepulauan Riau

Isdianto Ingin Kawasan Perbatasan Kepri Dapat Perhatian Pusat

12
Isdianto mendampingi Presiden Jokowi yang melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Natuna, Rabu (8/1/20). Natuna merupakan salah satu kawasan perbatasan Indonesia.

Barakata.id, Tanjungpinang – Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Kepri, H Isdianto berharap pulau-pulau di kawasan perbatasan di Kepri mendapat banyak kucuran progam pembangunan dari pemerintah pusat. Pembangunan itu akan meningkatkan perekonomian dan memperkuat pengamanan pulau terdepan.

“Kepri punya 19 pulau terdepan. Beberapa di antaranya ramai penduduknya, seperti Pulau Subi (Natuna). Kami harap pusat memberi pehatian lebih untuk pulau terdepan di Kepri, seperti perhatian di perbatasan Kalimantan dengan Malaysia,” kata Isdianto, di Gedung Daerah, Tanjungpinang, Kamis (9/1/20).

Memang selama ini pusat cukup fokus membangun infrastruktur jalan-jalan di kawasan perbatasan. Seperti di pulau Kalimantan yang berbatasan dengan Malaysia. Hingga akhir tahun lalu, sudah 966 kilometer jalan perbatasan dibangun pemerintah pusat.

Baca Juga :
Jokowi Pastikan Pembangunan Jembatan Babin Mulai 2021

Tak heran Isdianto berharap kucuran untuk pembangunan perbatasan dan pulau terdepan di Kepri mendapat perhatian lebih dari pusat. Pemprov sendiri tetap memberi perhatian terhadap sejumlah kawasan perbatasan dan terdepan.

Sebagai wilayah yang berbatasan dengan banyak negara, kata Isdianto, banyak potensi ekonomi yang bisa dikelola. Meski begitu, potensi berupa kerawanan keamanan tetap mengintai. Masuknya nelayan asing ke wilayah perairan Laut Natuna Utara salah satu contoh kerawanan itu.

Menurut Isdianto, perhatian pemerintah pusat sangat diharapkan oleh masyarakat perbatasan. Apalagi di pulau-pulau yang berbatasan seperti Natuna dan Anambas karena minimnya sarana transportasi. Di penghujung tahun 2019, Isdianto memang berkunjung ke dua wilayah tersebut.

“Kita jalin terus silaturahmi dan kebersamaan dalam menyelesaikan setiap permasalahan di lapangan agar situasi kondusif dirasakan masyarakat dan pembangunan tetap berkelanjutan agar menarik investasi,” kata Isdianto.

Isdianto menegaskan, kucuran pembangunan semakin memperkuat pesan bahwa pemerintah hadir di kawasan perbatasan dan pulau terdepan. Masyarakat Kepri secara keseluruhan merasakan buah pembangunan.

“Karena itu, kami ingin mengkolaborasikan semua sumber pendanaan, baik APBN, APBD provinsi dan kabupaten kota untuk pembangunan di Kepri,” kata Isdianto.

Memang dalam upaya mengkolaborasikan itu, Isdianto selalu mengajak bupati wali kota bertemu dengan sejumlah mentri. Semua untuk mengkolaborasikan dan mensinergikan semua kemampuan untuk pembangunan di Kepri.

*****

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin