Home Kepulauan Riau

Isdianto Dilantik Jadi Gubernur Definitif 27 Juli, Gubernur Kepri ke-5

283
Gubernur kepri
Deretan gubernur kepri menurut Wikipedia./cg

Barakata.id, TANJUNGPINANG – Setelah 12 bulan lebih menjabat pelaksana tugas, Isdianto akhirnya akan dilantik Presiden Joko Widodo menjadi Gubernur Kepri definitif yang sah. Dapat kepastian jadwal dari Sekretariat Presiden.

Tanggal pelantikan itu diungkap Sekretaris Daerah Provinsi Kepri TS Arif Fadillah, Jumat (24/7) pagi. Kabar itu lalu diposting Humas Pemprov Kepri lewat akun Instagram.

Menurut Arif, Isdianto akan dilantik sebagai Gubernur Kepri definitif, Senin (27/7/2020). Pelantikan yang direncanakan Senin siang itu akan dilaksanakan di Istana Negara oleh Presiden Joko Widodo. Pelantikan pun dilakukan dengan mengikuti protokol kesehatan.

“Alhamdulillah berkat doa dan dukungan masyarakat Kepri, Bapak Presiden Jokowi berkenan melantik Pak Isdianto, Senin siang, sebagai Gubernur definitif,” kata Arif, di Istana Kota Piring, Dompak, Tanjungpinang, Jumat (24/7) pagi.

Baca Juga:

SK Isdianto Jadi Gubernur Kepri Definitif Masuk Meja Mendagri

Kabar ini diungkap Arif setelah ia mengikuti rapat koordinasi persiapan pelantikan bersama Sekretariat Presiden melalui video conference. Dia menambahkan sesuai arahan dan jadwal yang diberikan Sekretariat Presiden, Gubernur Kepri definitif akan dilantik dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Isdianto dilantik berdasarkan Keppres Nomor 71/P Tahun 2020 tentang Pengesahan Pemberhentian dengan Hormat Wakil Gubernur Kepulauan Riau Sisa Masa Jabatan Tahun 2016-2021 dan Pengesahan Pengangkatan Gubernur Kepulauan Riau Sisa Masa Jabatan Tahun 2016-2021.

Sekda Arif juga melaporkan, bahwa Sabtu (25/7) Plt Gubernur Kepri Isdianto yang akan dilantik telah tiba di Jakarta untuk melakukan swab tes sesuai arahan Sekretariat Presiden.

Diberitakan, Isdianto menjabat Pelaksana Gubernur Kepri hampir satu tahun sejak Nurdin Basirun duduk di kursi pesakitan.

Nama terakhir sudah dijatuhkan vonis empat tahun penjara atas kasus gratifikasi izin reklamasi pada 4 April 2020. Sedangkan Isdianto menjabat Plt Gubernur Kepri sejak 13 Juli 2019. Dengan divonisnya Nurdin, maka Isdianto akan menjadi gubernur definitif.

Baca Juga:

PILKADA KEPRI: Pencalonan Isdianto Ditentukan PKS

Dengan pelantikan ini, Kepri akan punya gubernur definitif yang sah. Isdianto menjadi gubernur Kepri definitif ke-5 sejak 2004. Gubernur definitif pertama kali adalah Ismeth Abdullah pada periode 2005-2010. Wakilnya adalah (alm) Muhammad Sani.

Periode berikutnya adalah Muhammad Sani pada 2010-2015 dengan wakil Soerya Respationo.

Kemudian Muhammad Sani kembali menjabat untuk periode 2016-2021. Tapi ia hanya menjabat tiga bulan karena meninggal dunia pada bulan April 2016. Kepemimpinannya dilanjutkan wakilnya, Nurdin Basirun. Nurdin menjabat Gubernur definitif sejak 19 April 2016 lalu Isdianto menjadi wakil gubernur sejak 2018.

Namun NUrdin berstatus nonaktif sejak 13 Juli 2019 setelah menjadi tersangka kasus gratifikasi. Isdianto lalu menjabat pelaksana tugas gubernur selama 12 bulan sejak 13 Juli 2019.

***

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin