Beranda Kepulauan Riau Batam

Ini Sejumlah Fasilitas di Kampung Pengembangan Nelayan Maritime City di Rempang

8
0
Nelayan Maritime City
Kepala BP Batam, Muhammad Rudi bersama warga Rempang saat peletakan batu pertama rumah contoh untuk warga di Tanjung Banon, Rabu (10/1/25). (F barakata.id/ist)
- Advertisement -
DPRD Batam

Barakata.id, Batam – Pembangunan rumah untuk warga yang terdampak pengembangan Rempang Eco City telah dimulai, dengan ditandai peletakan batu pertama, Rabu (10/1/24). Hunian baru tersebut diberi nama “Kampung Pengembangan Nelayan Maritime City” yang akan menjadi kampung percontohan di Indonesia sebagai kampung nelayan modern dan maju.

Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, Muhammad Rudi mengatakan, dalam Kampung Pengembangan Nelayan Maritime City tersebut tidak hanya dibangun perumahan untuk masyarakat Rempang saja. Melainkan, kampung itu nantinya juga akan dibangun sejumlah fasilitas umum (fasum) dan fasilitas sosial (fasos) yang dapat dinikmati oleh masyarakat ke depannya.

- Advertisement -

“Tadi sudah kita lihat bersama-sama, bagaimana rumah contohnya. Termasuk juga dengan fasum dan fasosnya,” kata Rudi.

BACA JUGA : Rudi: Rempang Eco City, Momentum Kebangkitan Ekonomi

Kampung Pengembangan Nelayan Maritime City itu akan tersedia berbagai fasilitas pendidikan lengkap (SD, SMP hingga SMA). Fasilitas pendidikan dari jenjang pertama hingga SMA itu, nantinya akan dibangun untuk menampung seluruh anak-anak di Pulau Rempang.

“Kita sudah pernah menyampaikan. Berapa jumlah anak ibuk dan bapak warga Kecamatan Galang Pulau Rempang ini, semua akan kita tampung. Sekolah akan kita bangun sampai bisa menampung anak ibu dan bapak sekalian,” kata dia.

Selanjutnya, sebagai umat beragama, pemerintah juga akan membangun rumah ibadah yang akan bisa menampung seluruh masyarakat Rempang. Dimana, untuk di Kecamatan Galang terdapat 2.670 kepala keluarga.

BACA JUGA : Proyek Rempang Eco City, Apa Untungnya?

“Berapa jumlah jemaah kita, maka sejumlah itu juga masjid akan kita bangun. Termasuk nanti yang beragama kristen, kita akan bangunkan gereja,” tuturnya.

Terakhir, juga ada fasilitas olahraga seperti lapangan bola dan pelabuhan berstandar nasional. Sehingga, fasilitas yang telah disediakan ini, bisa benar-benar dirasakan oleh masyarakat Rempang dan Galang.

‘Akan kita sempurnakan betul semua fasilitas ini. Supaya nanti warga Rempang yang kita geser kesini, betul-betul bisa menikmati fasilitas yang kami siapkan,” pungkas Rudi. (nov)

- Advertisement -