Home Gaya

Ini Rekomendasi Agar Bioskop Bisa Buka, Apa Saja?

50
Rekomendasi Buka Bioskop
ILUSTRASI. Tim Pakar Penanganan Covid-19 menyebutkan bioksop bisa dibuka kembali di masa pandemi asal mengikuti beberapa rekomendasi. (F: Piqsels)

Barakata.id- Ada sejumlah rekomendasi yang harus dilakukan agar bioskop tetap buka di masa pandemi. Hal itu disebutkan oleh Ketua Tim Pakar sekaligus Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito.

Wiku mengatakan pihaknya telah mengkaji pembukaan kembali bioskop ini. Beberapa minggu terakhir pihaknya telah mempertimbangkan berbagai aspek terkait pembukaan kembali bioskop. Termasuk aspek kesehatan, sosial dan ekonomi.

Seperti diketahui, bioskop ini menjadi salah satu sektor ekonomi yang terdampak Covid-19. Tempat hiburan ini ditutup sejak pandemi merebak. Tujuannya tentu menghindari penularan Covid-19 di masyarakat.

Baca Juga:
Karena Corona, Industri Film Global Rugi Rp71,2 Triliun

“Bioskop dan cinema memiliki karakteristik dan kontribusi penting terutama dalam memberikan hiburan kepada masyarakat karena imunitas masyarakat juga bisa meningkat karena bahagia atau suasana mental atau fisik dari para penonton dan masyarakatnya ditingkatkan,” ujar Wiku pada konferensi pers, Rabu (26/8).

Kendati demikian pembukaan bioskop harus memperhatikan aspek kesehatan secara ketat. Selain itu juga wajib melalui tahapan prakondisi, timing, prioritas, koordinasi pusat dan daerah serta monitoring dan evaluasi.

Dilansir dari lama Covid-19.go.id, ada sejumlah rekomendasi dari Satgas Penanganan Covid-19 yang harus dilakukan sebelum bioskop dibuka kembali.

Termasuk diantaranya, pemesanan tiket tak dilakukan secara fisik. Melainkan lewat online. Tujuannya agar tak kontak dengan petugas di bioskop. Selain itu juga memudahkan pengecekan data untuk keperluan tracing jika ditemukan kasus.

Pengelola bioskop wajib memastikan antrean masuk dan keluar bioskop dijaga ketat. Jarak antar pengunjung minimal 1,5 meter. Kursi satu dengan yang lainnya juga harus dibuat berjarak. Tujuannya untuk menghidari kontak antar pengunjung.

Baca Juga:
Nussa dan Rarra Segera Tayang di Bioskop

Pengujung bioskop yang direkomendasikan juga yang berada di usia 12 tahun sampai 60 tahun. Pengunjung juga tak memiliki penyakit penyerta seperti jantung, kencing manis, paru-paru, ginjal atau penyakit imunitas rendah lainnya.

“Selain itu tak ada gejala batuk, demam lebih dari 38 derajat celcius, sakit tenggorokan, pilek atau flu, sesak nafas dan bersin-bersin,” kata Wiku.

Pemutaran film juga diberi batasan waktu. Jangan sampai berada di dalam ruangan lebih dari dua jam. Selama menonton, pengunjung tak boleh makan dan minum. Harus pakai masker. Tim pakar juga menyarankan masker yang dipakai adalah yang memiliki filtrasi setara atau lebih baik dengan masker bedah.

****

Editor: Asrul R

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin